Breaking News

Kisah Jenderal TNI Alami Keajaiban Sedekah Anak Yatim, Niat Berangkatkan Ibunda Naik Haji Terwujud Seketika


BRIGADIR Jenderal TNI Susilo selalu menitikkan airmata ketika membicarakan tentang ibunya. Ibu, bagi Susilo adalah sosok yang sangat penting dan berarti baginya. Setelah ayahnya tiada, sang ibundalah yang menjaga dan membesarkan anak-anaknya.

Ada satu cerita yang berkesan dalam hidup Brigjen Susilo terkait terkait ibunya. Hal itu terjadi saat dia menjabat sebagai Dandim di Kodam IV Diponegoro (Dandim 0721/Blora).

Kala itu dia mendapat undangan untuk ceramah wawasan kebangsaan pada siswa sekolah. Sudah jadi kebiasaan Susilo, di setiap kegiatan seperti itu dia menanyakan siapa di antara siswa yang merupakan anak yatim. Saat itu ada 30 orang mengangkat tangan.

“Terus (saya tanya lagi), siapa yang ditinggal ibunya setelah lahir, angkat tangan. Ada satu orang, tinggal satu orang ini,” cerita Susilo dalam tayangan Youtube TNI AD.

Siswa itu menceritakan ibunya meninggal ketika dia berumur dua tahun. Ayahnya meninggal saat dirinya masih di kandungan. Sejak itu dia dirawat oleh neneknya. Pada siswa tersebut, Susilo lantas menanyakan apa keinginannya untuk dapat membahagiakan sang nenek. Bocah itu menceritakan selama ini neneknya berjualan.

Siswa tersebut menyatakan berkeinginan menjadikan uang itu sebagai tambahan modal bagi neneknya. Susilo yang tersentuh lantas kembali mengajak berdialog.

“Adik punya keinginan, saya juga punya keinginan. Hari ini adik ingin membantu neneknya, memberikan modal untuk jualan. Saya juga, saya ingin bagaimana memberangkatkan ibu saya pergi haji,” kata Susilo.

Pria yang kini menjabat Kasdam VI/Mulawarman itu kemudian berbicara dengan pihak sekolah. Dalam kegiatan tersebut lazimnya tamu yang diundang mendapat honorarium. Namun Susilo tidak mau menerima honor tersebut. Dia memberitahukan kepada pihak sekolah bayaran mengajar akan diserahkan kepada siswa yatim piatu tersebut.

“Kita sama-sama doain ya dik. Saya minta bantuan (doakan) ibu saya dapat berangkat haji. Ini ada sedikit modal untuk nenek,” ucap Susilo sembari menyerahkan honor seusai acara.

Keajaiban itu pun terjadi, dalam perjalanan pulang dari mengajar, sekitar pukul 11.15 dirinya mendapat telepon dari Disbintalad. Kabar gembira itu pun datang.

“Bang, ini ada kursi kosong. Bulan depan ibu Abang dapat berangkat haji,” ucap Susilo menirukan anggota Disbintalad yang menelponnya.

Sontak mata Susilo pun berkaca-kaca. “Ya Allah…,” ucapnya. “Apakah ini jawaban yang sudah diberikan oleh Allah,” ujar dia.

Dalam video tersebut Susilo berpesan kepada siapa pun untuk menghormati orangtua. Restu orangtua akan menjadi penentu jalan hidup anaknya.

“Jadikanlah orang tuamu raja maka kau akan jadi raja. Tapi kau jadikan orang tuamu pembantu maka kau akan jadi pembantu,” ucap Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 itu.

Sumber: okezone
Foto: Brigjen TNI Susilo. (Foto: Dispenad)
Kisah Jenderal TNI Alami Keajaiban Sedekah Anak Yatim, Niat Berangkatkan Ibunda Naik Haji Terwujud Seketika Kisah Jenderal TNI Alami Keajaiban Sedekah Anak Yatim, Niat Berangkatkan Ibunda Naik Haji Terwujud Seketika Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar