Breaking News

Heboh Esemka Produksi Mobil Listrik, Politikus PBB Kuliti Habis-habisan: Itu Mobil China yang Ganti Nama!


Sekretaris Departement Propaganda & Anti Hoax DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Dusri Jundu Mulya menyoroti heboh kabar mobil Esemka yang memproduksi mobil listrik di tengah kabar subsidi untuk pembelian mobil listrik di Indonesia.

Ia pun menyinggung lokasi pabrik mobil yang digadang-gadang sebagai mobil listrik Esemka tersebut berada dimana.

"Coba tanya pabriknya dimana, pasti jawabannya di China, yaiyalah orang itu mobil China yang cuma diganti nama," ucapnya dikutip NewsWorthy dari akun Twitter pribadinya, Jumat (3/2/2023).

Ia pun menyertakan foto mobil yang disebut Esemka berbasis listrik tersebut dengan mobil asal pabrikan China bernama E-Kingo.

Sontak cuitan terebut langsung ditanggai oleh warganet di Twitter.

"Belum pernah dengar ingpo peresmian pabrik mobil Esemka," ucap salah satu warganet.


Sebelumnya, pabrikan mobil yang dibesarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika jadi Wali Kota Solo yaitu Esemka dipastikan bergabung pada ajang pameran otomotif Indonesia International Auto Show (IIMS) 2023 yang akan berlangsung pada 16 – 26 Februari di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kami sudah dapat izin dari pemegang merek, jadi Esemka dipastikan akan hadir di pameran ini,” kata Project Manager IIMS Rudi MF di Jakarta, Kamis (3/2/2023).

Nantinya, Esemka bakal menempati Hall A dan akan bersanding dengan berbagai merek ternama seperti Mitsubishi, Suzuki, Morris Garage, Mobbi, Indomobil Group, DFSK, dan juga Pertamina.

Meski begitu, Rudi sapaanya ini masih enggan bercerita lebih lanjut mengenai kegiatan yang akan Esemka lakukan selama mengikuti ajang IIMS 2023 nanti.

“Untuk kegiatan Esemka di IIMS dan dan segala macam, lebih tepatnya langsung ke yang bersangkutan,” ucap Rudi.

Hal ini jadi pertama kalinya Esemka tampil dalam pameran otomotif berskala besar di Tanah Air. Rumor yang berkembang Esemka akan memamerkan mobil listrik berukuran kecil.

Sementara, foto-foto yang diduga sebagai mobil listrik Esemka beredar di grup-grup WhatsApp sejak Kamis kemarin. Ada dua model di dalam foto tersebut, yakni Esemka Neta U dan Esemka Neta V.

Mobil listrik Neta V diluncurkan di Cina pada 2021. Mobil jenis SUV kompak ini ditawarkan dalam dua pilihan jarak tempuh, hingga 301 km dan 401 km. Neta V ditenagai dua motor listrik dengan daya maksimum 40 kW dan 55 kW.


Di Cina, mobil ini dipasarkan dengan harga antara 59.900 yuan hingga 120.800 yuan (setara Rp 132,6 juta hingga Rp 227,6 juta, kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.214). Harga tersebut setelah insentif yang diberikan pemerintah Cina.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.540 mm. Sedikit lebih kecil dibanding dimensi Toyota Avanza (panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.1665-1.700 mm).

Sedangkan Neta U adalah model kedua yang dipasarkan Hozon Auto. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.860, dan tinggi 1.628 mm. Neta U dibekali dengan baterai yang sanggup digunakan untuk berkendara sejauh hingga 500 km. Tenaganya bersumber dari motor listrik tunggal yang menghasilkan daya 150 hp dan torsi 310 Nm.

Neta U ditawarkan dengan harga mulai 210.000 yuan (setara Rp 465,1 juta).

Sumber: wartaekonomi
Foto: Mobil E-KINGO/Net
Heboh Esemka Produksi Mobil Listrik, Politikus PBB Kuliti Habis-habisan: Itu Mobil China yang Ganti Nama! Heboh Esemka Produksi Mobil Listrik, Politikus PBB Kuliti Habis-habisan: Itu Mobil China yang Ganti Nama! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar