Breaking News

Twitwar Mahfud dengan Rizal Ramli Tak Produktif


Debat antara Menko Polhukam Mahfud MD dan mantan Menko Ekuin Rizal Ramli terkait Perppu Ciptaker di media sosial dianggap tidak produktif.

Hal itu disampaikan pengamat politik Jamiluddin Ritonga soal saling balas komentar di Twitter alias Twitwar antara Mahfud MD dengan Rizal Ramli kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/1).

"Perang argumentasi antara Mahfud MD dan Rizal Ramli terkait Perppu Cipta Kerja terkesan tidak produktif. Perdebatan mereka kurang menyentuh substansi persoalan. Bahkan Mahfud cenderung menyerang personal dengan menyatakan Rizal Ramli bodoh,” kata Jamiluddin menyayangkan.

Seharusnya, kata Jamiluddin, kedua tokoh tersebut mengedepankan intelektualitas guna membahas isu yang tengah ramai dibicarakan publik, bukan seperti perang sesama buzzer di media sosial yang menyerang personal.

"Perdebatan seperti itu memang kerap terjadi di antara elite di Indonesia. Perdebatan melebar pada upaya menyudutkan pribadi. Akibatnya, substansi yang dibahas hanya permukaan. Hal itu menjadi sebab wacana atau diskursus di Indonesia tidak produktif,” demikian Jamiluddin Ritonga.

Sumber: rmol
Foto: Mahfud MD dan Rizal Ramli/Net
Twitwar Mahfud dengan Rizal Ramli Tak Produktif Twitwar Mahfud dengan Rizal Ramli Tak Produktif Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar