Breaking News

TNI AD Buka Suara soal Viral Pria Lepas Pelat Dinas Saat Hendak Isi Pertalite


Video yang menunjukkan seorang pria melepas pelat dinas TNI saat akan isi BBM jenis Pertalite viral di media sosial (medsos). Peristiwa itu terjadi di SPBU rest area Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Video tersebut menjadi sorotan warganet. Sebab, kendaraan dinas dilarang memakai BBM bersubsidi.

Peristiwa itu disebut terjadi di SPBU di rest area Tol Japek menjelang exit Jatiwaringin pada Senin (16/1).

Pihak TNI melalui Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) TNI AD telah mengambil tindakan terkait peristiwa tersebut. Pussenkav juga memberi penjelasan atas video viral tersebut.

Pussenkav menjelaskan nomor pelat dinas TNI AD dengan nomor registrasi 90186-32 merek Suzuki Jeep warna hijau metalik tua dengan pelat teregister di samsat nomor D-1585-XGR yang viral tersebut adalah milik dari Mayjen TNI (Purn) Mindarto.

"Pelat nomor tersebut diterbitkan saat yang bersangkutan masih berdinas aktif di Pussenkav sebagai pamen ahli. Terakhir kali pelat tersebut diperpanjang pada 7 Juli 2020 dan masa berlaku nomor tersebut sudah habis sejak Juli 2021 serta tidak lagi diperpanjang karena yang bersangkutan telah memasuki masa pensiun," demikian penjelasan Pussenkav, Selasa (24/1/2023).

Saat ini pelat dinas tersebut sudah ditarik langsung oleh Kasubditpamlatter Sdirum Pussenkav Kolonel Kav Harri Purnomo dan diserahkan ke Pomdam III/Siliwangi.

Saat peristiwa itu terjadi, kendaraan dinas tersebut dikendarai anak Mayjen TNI (Purn) Mindarto bernama Yonatan Wiliam Pascalis. Yonatan mengaku tidak tahu aturan kendaraan dinas TNI dilarang menggunakan BBM bersubsidi.

Ketidaktahuan itu membuat Yonatan mengganti pelat dinas menggunakan pelat hitam sipil.

"Yang bersangkutan kini sudah berada di Australia untuk melanjutkan pendidikan. Saat dimintai konfirmasi, yang bersangkutan tidak menyadari saat menggunakan kendaraan tersebut ternyata terpasang pelat dinas militer milik orang tuanya serta tidak memahami tentang aturan maupun mekanisme bahwa kendaraan pelat dinas TNI tidak diperbolehkan untuk mengisi BBM bersubsidi di SPBU," katanya.

Yonatan juga menyampaikan penjelasan dan permintaan maaf kepada institusi TNI.

"Melalui sebuah video singkat Yonatan Wiliam Pascalis juga telah menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf kepada institusi TNI khususnya bagi TNI AD karena kesalahpahaman atas perbuatan yang telah dilakukan saat berada di SPBU tersebut hingga video tersebut menjadi viral di medsos," katanya.

Sumber: detik
Foto: Video menunjukkan seorang pria melepas pelat dinas TNI saat akan isi BBM jenis Pertalite viral di medsos. Peristiwa itu terjadi di SPBU rest area di Tol Japek. (dok IG @pussenkav_id)
TNI AD Buka Suara soal Viral Pria Lepas Pelat Dinas Saat Hendak Isi Pertalite TNI AD Buka Suara soal Viral Pria Lepas Pelat Dinas Saat Hendak Isi Pertalite Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar