Breaking News

Standar Ganda! Guntur Romli Serang Ceramah Cak Nun, Padahal Sering Ngatain Anies Firaun Juga


Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli menjadi salah satu pihak yang mempersoalkan ceramah Cak Nun atau Emha Ainun Nadjib mengenai Jokowi Firaun. Padahal sebelumnya, Guntur Romli juga pernah melakukan hal yang sama terhadap Anies Baswedan kala masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Guntur Romli bisa dibilang sebagai sosok yang membuat potongan ceramah Cak Nun viral di Twitter.

"Jika ada kekurangan di Jokowi, tidak sampe layak dihina seperti Firaun, jika ada kelebihan Emha Ainun Najib gak sampe level Nabi Musa & Sabrang seperti Nabi Harun," cuitnya.

Guntur Romli menilai bahwa Cak Nun sedang meninggikan Jokowi dan merendahkan dirinya sendiri.

"Hanya kesombongan & ketakaburan yg mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi & merendahkan dirinya sendiri," katanya.

Adapun dalam ceramahnya, Cak Nun menyebut Indonesia telah dikuasai sebuah sistem kekuasaan yang kuat. Di mana Jokowi diibaratkan sebagai Firaun hingga pengusaha Anthony Salim sebagai perlambangan Qorun.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga terus Haman yang namanya Luhut," kata Cak Nun.

Karena dibawa ke Twitter inilah, ceramah Cak Nun lantas viral dan menuai beragam kontroversi. Usai kejadian tersebut, budayawan itu meminta maaf.

Guntur Romli pun mengapresiasi langkah Cak Nun meminta maaf. Namun, kenapa Guntur Romli mempermasalahkan kalimat yang membawa-bawa Firaun tersebut?


Dipantau dari laman Twitter-nya, ternyata Guntur Romli juga beberapa kali melontarkan kalimat yang nyaris sama. Ia menyamakan Anies Baswedan yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebagai Firaun.

Pada Desember 2021 lalu, Guntur Romli terang-terangan menyebut Anies Baswedan akan jadi Firaun.

"Hingga akhir jabatannya @aniesbaswedan akan menjadikan dirinya sebagai Firaun --seperti ucapannya) "Kalau hanya bangun kota yang megah, Firaun pun bisa" Anies al-Firauni," tulisnya lewat akun @GunRomli.

Tak cukup di situ, saat Anies melepas jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta Guntur Romli juga masih mengungkit-ungkit soal Firaun.

"Syukur Alhamdulillah, Jakarta bebas dari politik identitas mulai hari ini. Jakarta bebas dari cengkeraman Firaun yang gagal..." cuit Guntur Romli pada 17 Oktober 2022 lalu.

Aksi Guntur Romli itu pun lantas ramai diperbincangkan. Guntur Romli dinilai punya standar ganda dalam mengkritik tokoh.

Menanggapi kritik-kritik terhadapnya, Guntur Romli memberikan penjelasan. Ia mengatakan justru Anies Baswedan yang pertama kali mengumbar cap Firaun dan kini mantan Gubernur Jakarta itu termakan omongannya sendiri.

"Buzzer-buzzer Anies mention-mention, menuduh saya bilang Anies kayak Firauan. Padahal yang bawa-bawa Firaun & juga Namrud itu Anies, kemakan omongannya sendiri," Guntur Romli membela diri di Twitter, Rabu malam.

Sumber: suara
Foto: Guntur Romli (YouTube)
Standar Ganda! Guntur Romli Serang Ceramah Cak Nun, Padahal Sering Ngatain Anies Firaun Juga Standar Ganda! Guntur Romli Serang Ceramah Cak Nun, Padahal Sering Ngatain Anies Firaun Juga Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar