Breaking News

Kronologi Bom Rakitan Meledak Dekat Rumah Jurnalis Senior Papua-Dikira Gempa


Sebuah bom rakitan meledak di dekat rumah jurnalis senior Papua Victor Mambor di Jayapura, Papua. Ledakan ini sempat membuat dinding rumah Victor bergetar hingga dikira gempa.

"Saat terjadi ledakan, dinding rumah bergetar seperti terjadi gempa bumi," ujar Koordinator Advokasi AJI Jayapura Fabio Costa dalam keterangannya, Senin (23/1/202).

Ledakan bom rakitan di dekat rumah Victor Mambor tepatnya terjadi di wilayah Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, sekitar pukul 04.00 WIT. Menurut Fabio, Victor belum tidur.

Awalnya, Victor mendengar suara motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya. Tak lama kemudian, pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan.

"Bunyi ledakan ini tak hanya mengagetkan Victor dan keluarganya. Sejumlah Warga setempat di komplek pemukiman itu juga sempat meninggalkan rumahnya untuk memeriksa lokasi sumber ledakan," kata Fabio.

Victor disebut lantas mengecek gardu listrik usai ledakan itu. Dia kemudian mencium bau belerang di samping rumahnya.

"Tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah. Ternyata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah," ucap Fabio.

Fabio menambahkan ada bukti rekaman kamera CCTV yang terpasang di salah satu bagian rumah Victor. Terlihat sekilas sebuah sepeda motor yang melintas di samping rumahnya sebelum terjadi ledakan.

"Jadi kita akan menunggu hasil penyelidikan polisi," kata Fabio.

Fabio mengatakan pihaknya menganggap ledakan bom itu sebagai aksi teror sehingga dia mengecamnya. Dia menegaskan ledakan itu bagian dari intimidasi terhadap wartawan.

"AJI Jayapura meminta Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota mengusut tuntas pelaku dan motif di balik aksi teror bom yang menimpa Victor Mambor," ujar Fabio.

Simak di halaman berikutnya: Polisi Selidiki Ledakan Bom Rakitan di rumah Victor...

Polisi Selidiki

Aparat kepolisian tengah menyelidiki apakah kejadian itu merupakan teror terhadap jurnalis atau tidak.

"Jadi kasus ini (bom rakitan meledak) sudah dilaporkan ke Polsek Jayapura Utara. Saat ini penyelidikan telah kami lakukan," ujar Kasat Reskrim Polresta Jayapura Kota AKP Oscar Fajar Rahadian dimintai konfirmasi, Senin (23/1).

Menurut Oscar, pihaknya telah mengambil sampel ledakan. Nantinya seluruh barang bukti akan diuji untuk mengetahui ledakan tersebut berjenis bom atau hal lain.

"Belum bisa kita simpulkan itu bom atau petasan. Nah kita pastikan dulu," katanya.

Oscar menambahkan pihaknya belum bisa menyimpulkan ledakan tersebut merupakan teror terhadap wartawan atau tidak. Melihat kejadian bukan berada di samping rumah atau juga di pekarangan rumah.

"Kalau dilihat lokasi kejadian. Itu di tengah jalan. Di tengah aspal bukan di pekarangan rumah. Hanya pelapor memperkirakan itu sebagai teror. Tentu nanti kami akan dalami," imbuhnya.

Sumber: detik
Foto: Polisi olah TKP bom rakitan meledak di dekat rumah Jurnalis Papua Victor Mambor di Kota Jayapura. Foto: Dokumen Istimewa.
Kronologi Bom Rakitan Meledak Dekat Rumah Jurnalis Senior Papua-Dikira Gempa Kronologi Bom Rakitan Meledak Dekat Rumah Jurnalis Senior Papua-Dikira Gempa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar