Breaking News

Innalillahi! Cak Fuad, Kakak Kandung Cak Nun Meninggal Dunia


Kabar duka datang dari keluarga besar Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun. Setelah ribut-ribut isu menyerang habis-habisan Cak Nun kemarin, kini keluarganya di Jombang dirundung duka.

Ahmad Fuad Effendi atau Cak Fuad, kakak kandung dari Cak Nun, dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (20/01/2023) pukul 08.07 WIB di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang Jawa Timur ( Jatim ).

Ia meninggal karena menderita sakit. Cak Fuad merupakan anak pertama dari pasangan Muhammad Abdul Latif dan Chalimah. Ia merupakan anak tertua dari 15 bersaudara. Sedangkan budayawan Emha Ainun Nadjib merupakan adiknya yang nomor empat.

Cak Fuad adalah sosok yang paling dekat denga Cak Nun. Saat Cak Nun menempuh pendidikan di Pondok Gontor Ponorogo, Cak Fuad adalah orang yang mengantar. Begitu juga saat Emha pindah ke Yogyakarta.

Kabar meninggalnya Ahmad Fuad Effendi dibenarkan oleh Farid Halimi, adiknya yang terakhir. Menurut Farid, jenazah Cak Fuad akan dimakamkan di pemakaman keluarga ‘Sentono Arum’ Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.

"Dimakamkan nanti sore di Mentoro," kata Farid singkat seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.

Cak Fuad merupakan guru utama atau marjak jemaah Maiyah. Dirinya selalu hadir dalam Pengajian Padhang Bulan yang digelar setiap tanggal 15 (penaggalan hijriyah).

Pengajian ini pertama kali digelar pada Oktober 1994. Dalam pengajian tersebut Cak Fuad menyampaikan tafsir Alquran secara tekstual. Kemudian dilanjutkan tafsir konstektual oleh Cak Nun.

Selain itu, Cak Fuad juga sebagai dosen di Universitas Malang (dulu IKIP Malang). Kakak tertua dari Cak Nun ini juga menjadi salah satu anggota Majelis Umana’ (Dewan Pendiri/Pembina) di King Abdullah bin Azis International Centre for Arabic Lenguage.

Sumber: suara
Foto: Ahmad Fuad Effendy (Cak Fuad) kakak kandung Cak Nun. (Sumber : Ist)
Innalillahi! Cak Fuad, Kakak Kandung Cak Nun Meninggal Dunia Innalillahi! Cak Fuad, Kakak Kandung Cak Nun Meninggal Dunia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar