Breaking News

Ceramah Cak Nun Sebut Jokowi Firaun Tuai Kontroversi, Memang Siapa Sih Dia?


Komentar Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun baru-baru ini jadi sorotan. Dalam sebuah pertemuan, secara spontan Cak Nun menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi seperti Firaun, Haman, dan Qarun dalam ceramahnya.

Ceramah yang disampaikan Cak Nun sontak menuai pro dan kontra hingga viral dan trending di media sosial. Dalam video ceramah yang tersebar tersebut, Cak Nun menyebut Presiden Jokowi seperti Firaun dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Haman.

Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menanggapinya dengan santai.

Gibran mengaku tidak tersinggung, bahkan keluarga juga tidak tersinggung dengan ucapan tersebut.

"Aku santai, nggak tersinggung, keluarga juga nggak tersinggung. Santai wae," terang Gibran saat ditemui, Rabu (18/1/2023).

Tapi, sebenarnya siapa sih Firaun, kenapa banyak orang tersinggung Jokowi disebut Firaun? 

Dilansir dari World History, Firaun di Mesir kuno adalah pemimpin politik dan agama rakyat dan menyandang gelar 'Penguasa Dua Tanah' dan 'Imam Tinggi dari Setiap Kuil'. Kata 'firaun' adalah bentuk Yunani dari pero Mesir  yang merupakan sebutan untuk kediaman kerajaan dan berarti 'Rumah Besar'.

Nama kediaman menjadi terkait dengan penguasa dan, pada waktunya, digunakan secara eksklusif untuk pemimpin rakyat. Raja awal Mesir tidak dikenal sebagai firaun tetapi sebagai raja.

Gelar kehormatan `firaun' untuk seorang penguasa tidak muncul sampai periode yang dikenal sebagai Kerajaan Baru (c.1570-c.1069 SM). Raja dari dinasti sebelum Kerajaan Baru dipanggil sebagai 'Yang Mulia' oleh pejabat asing dan anggota istana dan sebagai 'saudara' oleh penguasa asing; kedua praktik tersebut akan berlanjut setelah raja Mesir dikenal sebagai firaun.

s dengan banyak raja kuno, firaun dipandang sebagai pemelihara tatanan ilahi. Dikenal di Mesir sebagai Ma'at, prinsip spiritual ini diwujudkan dalam berbagai hubungan lingkungan, pertanian, dan sosial.

Firaun memiliki dan mengawasi penggunaan sebagian besar tanah Mesir. Dia dianggap bertanggung jawab atas kesejahteraan spiritual dan ekonomi rakyat. Dia juga otoritas tertinggi dalam urusan hukum dan administrator keadilan, membuat undang-undang dengan keputusan kerajaan.

Sementara itu, dilansir dari New World Encyclopedi, tugas utama firaun dalam mengatur negara adalah wazir, yang bertanggung jawab atas perbendaharaan, kasus hukum, pajak, dan pencatatan. Di bawah wazir, Mesir dibagi menjadi distrik atau nome pemerintahan. Mesir Hilir, dari Memphis ke utara hingga Laut Mediterania, terdiri dari 20 nome. Mesir Hulu dibagi menjadi 22 nome dari Elephantine, dekat perbatasan Mesir dengan Nubia, ke selatan hilir sepanjang lembah Nil.

Sama pentingnya dengan peran pemerintahan firaun adalah fungsi keagamaannya. Orang Mesir melihat firaun sebagai mediator antara alam para dewa dan alam manusia. Dalam kematian, firaun akan menjadi satu dengan Osiris, dewa kematian, mewariskan kekuatan sucinya kepada putranya, firaun baru, yang kemudian akan mewakili putra Osiris, Horus.

Kekuatan para dewa dengan demikian berada di tangan firaun. Dia disapa sebagai yang maha kuasa dan maha tahu, pengontrol alam dan kesuburan. Ular kobra suci yang digambarkan di mahkotanya dikatakan menyemburkan api ke arah musuh firaun. Dia digambarkan dalam patung-patung monumental dengan proporsi yang sangat besar, dan kekuatan keilahiannya memungkinkan dia untuk membunuh ribuan musuh dalam pertempuran.

Sumber: suara
Foto: Cak Nun menanggapi soal ceramah Jokowi Firaun. [Youtube/Caknun.com]
Ceramah Cak Nun Sebut Jokowi Firaun Tuai Kontroversi, Memang Siapa Sih Dia? Ceramah Cak Nun Sebut Jokowi Firaun Tuai Kontroversi, Memang Siapa Sih Dia? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar