Breaking News

Wanita Ini Sebut Yudo Hanya Beberapa Bulan Jadi Panglima TNI lalu Diganti Jenderal Dudung


Laksamana Yudo Margono akan memecahkan rekor Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI tersingkat. Kabar terbaru menyebut, masa jabatannya bakal lebih pendek lagi.

Kalau normal, Yudo akan menjabat panglima TNI selama 340 hari. Terhitung sejak 21 Desember 2022 hingga 26 November 2023. Lebih singkat dari masa jabatan Jenderal Andika Perkasa.

Yudo yang saat ini menjabat kepala Staf TNI Angkatan Laut akan dilantik bersamaan tibanya masa pensiun Andika, 21 Desember 2022.

Hari ini, Yudo sudah menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI.

Menariknya, Yudo hadir didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Ini tergolong pemandangan langka. Saat Andika Perkasa menjalani uji kelayakan, hanya datang seorang diri. Hanya didampingi staf. Kepala staf dua angkatan lainnya tidak hadir, apalagi kapolri.

Sementara, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tak terlihat hadir. Yudo menyebut, Andika sedang ada acara yang bersamaan.

“Jadi Bapak Presiden sudah menyampaikan berulang-ulang bahwa TNI-Polri harus selalu solid, harus selalu sinergi, dan tentunya amanah. Dan pesan dari Bapak Presiden tersebut selalu kita jaga,” ujar Sigit kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Masa Jabatan Lebih Singkat

Pada bagian lain, prediksi kurang menggembirakan datang dari founder Indonesia Strategic and Defence Studies (ISDS), Edna Caroline Pattisina.

Dia menduga, Yudo akan diberi kesempatan menjadi panglima TNI lebih singkat. Hanya beberapa bulan. Tak sampai masa pensiun pada 26 November 2023.

Dia mencontohkan pada era Gatot Nurmantyo yang dicopot sebelum masa pensiunnya tiba.

“Kaya zaman Pak Gatot, kan beberapa bulan sebelum dia pensiun sudah dicopot,” ujar Edna seperti dilihat dalam program Gaspol! di YouTube Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Saat itu Gatot Nurmantyo dicopot pada 8 Desember 2017. Padahal, Gatot Nurmantyo baru pensiun pada 13 Maret 2018.

Edna menduga Yudo akan digantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat KSAD. Dudung akan pensiun pada 19 November 2023. Lebih cepat tujuh hari dibandingkan Yudo Margono.Lalu, jabatan KSAD akan diisi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Maruli Simanjuntak. (*)

Sumber: herald
Foto: Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman/Net
Wanita Ini Sebut Yudo Hanya Beberapa Bulan Jadi Panglima TNI lalu Diganti Jenderal Dudung Wanita Ini Sebut Yudo Hanya Beberapa Bulan Jadi Panglima TNI lalu Diganti Jenderal Dudung Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar