Breaking News

Jadi Cawapres, AHY Bakal Bikin Anies Baswedan Raih Kemenangan di Pilpres 2024, Pengamat Beberkan Caranya!


Peneliti dan pengamat politik SMRC, Saidiman Ahmad mengungkapkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan kandidat cawapres terbaik Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menurut Saidiman, AHY bisa membantu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenangkan Pilpres 2024, dengan menutupi sosoknya yang dianggap lebih dekat pada Islam kanan.

Baca Juga: Berdasarkan Kondisi Ekonomi, Begini Perbedaan Pemilih Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Sangat Berlawanan!

"Kalau lihat dari aspek demografi ya, aspek sosiologis lah secara umum, saya kira AHY cukup ya saling menutupi, Anies ini bagaimanapun, walaupun dia seorang yang nasional pluralis ya," ujarnya.

"Tetapi kan ada persepsi bahwa sebetulnya Anies lebih dekat ke Islam yang agak kanan, kalau misalnya ia mengambil wakil PKS misalnya sebagai cawapres, tu sebenarnya tidak menambah apa-apa," sambungnya. 

Jika Anies menjadikan kader PKS Ahmad Heryawan sebagai cawapres, maka tidak akan menambah suara, berbeda jika memilih Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Kemudian sisi yang lain misalnya kalau ngambil Khofifah mungkin bisa sedikit melengkapi, tapi kalau lihat dari aspek Islam non Islam agak-agak ini juga banyak irisannya mungkin," ungkap Saidiman.

Selain itu, Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil juga merupakan kandidat yang cocok mendampingi Anies, namun suaranya di Pilpres 2024 tidak akan bertambah, karena mempunyai basis pendukung yang sama.

"Kemudian Ridwan Kamil juga cocok, tetapi kan basis Ridwan Kamil dengan basis Anies sebetulnya kan relatif sama di Jawa Barat," beber Saidiman.

Sementara, berdasarkan survei-survei di Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Anies dan AHY merupakan pasangan yang akan saling membantu kemenangan di Pilpres 2024.

"AHY sebagai juga populer di dalam survei-survei kita, ini mewakili kelompok yang cukup nasionalis, militer pula, punya latar belakang, jadi cukup melengkapi," ujarnya. 

"Dan kita menemukan di dalam survei bahwa pasangan ini cukup kompetitif, Anies dengan AHY," tandas Saidiman dikutip dari YouTube Zulfan Lindan Unpacking Indonesia, Selasa (8/11).

Sumber: wartaekonomi
Foto: Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Net
Jadi Cawapres, AHY Bakal Bikin Anies Baswedan Raih Kemenangan di Pilpres 2024, Pengamat Beberkan Caranya! Jadi Cawapres, AHY Bakal Bikin Anies Baswedan Raih Kemenangan di Pilpres 2024, Pengamat Beberkan Caranya! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar