Breaking News

Resmi! Iwan Bule Pastikan PSSI Segera Gelar KLB usai Didesak Persebaya dan Persis Solo


Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan PSSI akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Hal itu merupakan buntut dari desakan klub-klub Liga 1 seperti Persebaya Surabaya dan Persis Solo.

Kepastian itu disampaikan Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI setelah menggelar rapat Executive Committe (Exco) di kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta Pusat pada Jumat (28/10/2022) malam WIB.

Setelah menggelar rapat yang dihadiri 12 anggota Exco itu, PSSI melalui Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya mau menggelar KLB secepatnya.

"Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi," kata Iwan Bule dikutip dari kanal YouTube PSSI.

Sebelum menggelar KLB, PSSI disebut Iwan Bule akan lebih dulu melalukan tahap verifikasi. Dia menekankan bahwa KLB akan digelar selambat-lambatnya tiga bulan pasca proses verifikasi selesai.

Sebagaimana merujuk Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB baru bisa dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters) mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan itu secara tertulis.

Keputusan PSSI segera menggelar KLB disebut Iwan Bule tak lepas dari desakan anggota PSSI yakni dua klub Liga 1, Persebaya Surabaya dan Persis Solo.

Keduanya secara terang-terangan meminta PSSI menggelar KLB sebagai bagian dari transformasi sepak bola Tanah Air pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 135 orang.

"Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya," kata Iwan Bule.

"Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI," tambahnya.

Setelah memastikan bakal menggelar KLB, PSSI kini akan berkirim surat ke FIFA untuk memberitahukan rencana tersebut. Surat pemberitahuan kepada FIFA rencananya bakal dirilis PSSI pada Senin (31/10/2022) mendatang.

Sumber: suara
Foto: PSSI menggelar Rapat Perdana Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia. [Foto:PSSI]
Resmi! Iwan Bule Pastikan PSSI Segera Gelar KLB usai Didesak Persebaya dan Persis Solo Resmi! Iwan Bule Pastikan PSSI Segera Gelar KLB usai Didesak Persebaya dan Persis Solo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar