Breaking News

28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik dalam Tragedi Kanjuruhan, 9 Petinggi Brimob Dicopot


Sebanyak 28 personel Polri diduga melanggar kode etik buntut tragedi kerusuhan di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Malang, Senin (3/10/2022). 

Dugaan tersebut, kata Dedi, berdasarkan hasil pemeriksaan dari inspektorat khusus Polri dan Biro Paminal Propam Polri.  "Kemudian, dari hasil pemeriksaan Itsus Itwasum Polri dan Biro Paminal juga melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota polri sebanyak 28 personel Polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," kata Dedi. 

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah resmi menaikan status tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur dari penyelidikan menjadi penyidikan. Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Irjen Pol Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Malang, Jawa Timur pada Senin 3 Oktober 2022. 

"Dari hasil pemeriksaan tersebut tim melakukan gelar perkara dari hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan," kata Dedi saat konferensi pers di Malang, Senin (3/10/2022). 

Dedi menjelaskan kenaikan status ini berdasarkan pemeriksaan dengan menggunakan dasar acuan Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 orang saksi. "Tim hari ini melakukan pemeriksaan terkait pasal 359 dan 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 orang saksi," ujar Dedi. 

Kapolres dicopot Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mencopot Kapolres Malang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Ferli Hidayat. Pencopotan tersebut sebagai buntut kasus dari kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

AKBP Ferli Hidayat dimutasikan sebagai perwira menengah (pamen) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri dan digantikan oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tanjung Priok, Polda Metro Jaya. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST 2098/KEP/2022. 

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi, Nico Afinta menonaktifkan 9 anggota Brimob yaitu di antaranya menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon), Komandan Kompi (Danki) dan Komandan Pleton (Danton). 

"Kemudian sesuai dengan perintah bapak Kapolri. Kapolda Jatim juga sama melakukan penonaktifan jabatan Danyon, Danki dan Danton Brimob sebanyak 9 orang," kata Dedi saat konferensi pers di Malang, Senin (3/10/2022).

Sumber: tvonenews
Foto: Kadivhumas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo memberikan keterangan kepada media di Polres Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). Sumber : Antara
28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik dalam Tragedi Kanjuruhan, 9 Petinggi Brimob Dicopot 28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik dalam Tragedi Kanjuruhan, 9 Petinggi Brimob Dicopot Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar