Breaking News

Mobil Ma'ruf Amin Dikejar Mahasiswa Penolak Kenaikan BBM di Palembang, Polisi Coba Menghalau


Mobil dinas Wakil Presiden Ma'ruf Amin sempat dihadang para pendemo yang menolak kenaikan harga BBM saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di simpang empat RS Charitas Palembang.

Dalam video yang beredar, pendemo yang diduga merupakan mahasiswa dan ormas Cipayung Plus langsung memblokade jalan ketika mobil Ma'ruf Amin mendekat.

Bahkan, seorang mahasiswa berlari mengejar mobil dinas dengan pelat nomor RI 2 dan menghadangnya.

Anggota polisi yang melihat hal tersebut langsung mengejar si mahasiswa agar memberikan jalan.

Peristiwa ini terjadi dalam waktu singkat, hanya beberapa menit, hingga akhirnya mobil Maruf Amin dapat melanjutkan perjalanan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Terkait kejadian ini, Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Rudi Setiawan menjelaskan, saat ini telah ada tujuh orang pendemo yang mereka amankan.

Ketujuh orang itu nantinya akan diperiksa untuk dimintai keterangan terkait kericuhan tersebut.

“Sekarang sudah dibawa ke polres,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, para massa semula menjadwalkan untuk melakukan aksi di kantor Gubenur Sumsel. Namun, secara mendadak para massa merubah titik aksi menjadi di kawasan simpang Charitas.

“Lokasi disimpang Charitas ini sangat padat sehingga menimbulkan kemacetan,” kata Rudi.

Diberitakan sebelumnya, Ma'ruf Amin sempat mengatakan, pemerintah tidak melarang masyarakat melakukan aksi demo penolakan kenaikan BBM.

Namun dia meminta aspirasi dilakukan tanpa adanya kekerasan.

“Saya kira paham di negara demokrasi aspirasi itu kan boleh disalurkan, karena itu demo tentu bagian dari demokrasi. Tapi yang kita harapkan tidak anarkis tidak menimbulkan kegaduhan disampaikan secara wajar saja,” kata Ma'ruf Amin saat kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/9/2022).

Ma'ruf menjelaskan, aksi demo yang dilakukan hampir di seluruh provinsi itu sebetulnya telah ditanggapi pemerintah. Sehingga, ia meminta agar aspirasi disalurkan tanpa melakukan tindakan anarkis yang dapat menimbulkan kerugian di seluruh pihak.

Menurut Ma'ruf kenaikan harga BBM dikarenakan pemberian subsidi yang diberikan pemerintah tidak tepat sasaran.

Karena itu, penataan pemberian subsidi harus diatur kembali agar dapat benar-benar dinikmati masyarakat yang berhak menerima.

Maruf Amin pun mengatakan, saat ini kondisi global sedang mengalami krisis energi dan berdampak pada kenaikan harga BBM.

Sumber: kompas
Foto: Mobil Dinas rombongan Wakil Presiden Maruf Amin yang dihadang massa, usai melakukan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan.(TANGKAPAN LAYAR)
Mobil Ma'ruf Amin Dikejar Mahasiswa Penolak Kenaikan BBM di Palembang, Polisi Coba Menghalau Mobil Ma'ruf Amin Dikejar Mahasiswa Penolak Kenaikan BBM di Palembang, Polisi Coba Menghalau Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar