Breaking News

Diceraikan Soekarno, Inggit: Aku Telah Mengantarnya ke Gerbang Cita-citanya


Setelah diasingkan ke Bengkulu, pernikahan Inggit dan Soekarno semakin berada di ujung tanduk. Soekarno dan Inggit resmi bercerai di Jakarta pada tahun 1942.

Dikutip dari buku Soekarno Fatmawati, Soekarno dan Inggit Resmi bercerai dengan perpisahan bersyarat yang di buat oleh Soekarno dihadapan Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansur.

Sambil mengenang perpisahan itu, ketika meninggalkan rumah Soekarno di Pegangsaan Timur, Inggit tidak membawa apa-apa. Dia hanya membawa sepasang anjing mainan dan tempat sirih pemberian dari Haji Sanusi, mantan suami pertamanya.

Kemudian, Inggit menetap di Bandung dan kembali berdagang kecil-kecilan seperti, jamu dan bedak buatannya sendiri. Menurutnya, ketika menjalani bahtera rumah tangga bersama Soekarno selama hampir 20 tahun, perceraian merupakan peristiwa yang paling menyedihkan dalam hidupnya.

Namun Inggit tidak ingin terus larut dalam kesedihan. Cintanya yang tulus kepada Soekarno serta kepasrahannya pada jalan hidup yang telah digariskan Tuhan membuat Inggit kuat dan mensyukuri apa yang telah dialaminya.

"Sesungguhnya aku harus senang pula karena dengan menempuh jalan yang bukan bertabur bunga, aku telah mengantarkan seseorang sampai di gerbang yang amat berharga," ungkap Inggit.

Inggit juga mengatakan bahwa ini merupakan pengalamannya dengan seseorang yang mementingkan untuk membangkitkan semangat dan solidaritas bangsa untuk mencapai apa yang dicita-citakannya. Yang sebenarnya kita cita-citakan bersama adalah kemerdekaan bagi bangsa kita.

Dibalik semuanya, Soekarno adalah seorang yang sangat penuh romantika. Aku mengikutinya, melayaninya, mengemongnya, berusaha keras menyenangkannya, meluluhkan keinginan-keinginannya.
Namun, pada suatu saat, setelah Inggit telah mengantarkannya sampai ke gerbang cita-citanya, kami berpisah karena Inggit berpegang pada sesuatu yang berbenturan dengan keinginannya. Soekarno pun melanjutkan perjuangannya bahkan Inggit tidak pernah berhenti untuk mendoakannya. 

Sumber: okezone
Foto: Repro Dok Keluarga
Diceraikan Soekarno, Inggit: Aku Telah Mengantarnya ke Gerbang Cita-citanya Diceraikan Soekarno, Inggit: Aku Telah Mengantarnya ke Gerbang Cita-citanya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar