Breaking News

Habiskan Rp 880 Juta Tetapi Gagal ke Tanah Suci, Wanita Makassar Laporkan Agensi Haji ke Polda


Penipuan di agensi travel haji masih marak terjadi. Wanita asal Makassar, Lindah Patta Sore (35) jadi korbannya.

Dia merupakan salah satu calon jemaah haji furoda yang gagal berangkat menjalankan ibadah haji tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, dana yang sudah dia keluarkan untuk ibadah hampir Rp1 Miliar yakni, Rp880 juta ke agensi travel haji.

Merasa dirugikan, Linda akhirnya menempuh jalur hukum. Dia melaporkan dugaan penipuan ke Polda Sulsel.

Laporan Lindah telah didaftarkan di SKPT nomor LBP/604/VI/2022/SPKT tertanggal 16 Juni 2022.

"Adanya kejanggalan tersebut, saya melaporkan tindakan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pimpinan cabang Sabda Travel Services atas nama Nur Fahratul Ashari yang juga merupakan mantan karyawan ABU TOUR Travel di Polda Sulsel," kata Lindah, Kamis (28/7/2022).

Lindah mengatakan, langkah tersebut ditempuh sebagai upaya mendapatkan keadilan dan mencegah terulang kejadian tersebut pada masyarakat lainnya.

Lindah mengungkapkan telah menyerahkan uang Rp880 juta secara bertahap untuk pembayaran haji furoda dimulai Oktober 2019 hingga Februari 2021.

Menurutnya bukti pembayaran maupun saksi-saksi dan pendaftaran lengkap.

Karena pandemi tahun 2020 dan 2021, Sabda Travel Services menjanjikan akan berangkat di tahun 2022.

"Tetapi pada tanggal 9 Mei 2022, Direktur kantor pusat Jakarta Sabda Travel atas nama Januar Setyadi mengirimkan surat penutupan kantor cabang Makassar," katanya.

"Dana saya Rp880 juta entah ke mana saya harus meminta pertanggungjawaban karena kantor pusat berlepas diri atas aduan saya mengenai dana haji yang telah disetorkan," lanjutnya.

Atas kejadian tersebut, Lindah mengatakan datang mengecek legalitas Sabda Travel Services dari PT Sabda Mandiri Wisata.

Hasil penelusuran, Lindah mengatakan izinnya disebutkan merupakan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) bukan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Sedangkan imbauan dari Dirjen PHU Kementerian Agama RI, Nur Arifin di akun youtube Informasi Haji bahwa Haji Furoda hanya bisa diselenggarakan oleh PIHK dan akan menindak tegas PPIU yang menerima pendaftaran haji Furoda.

"Fakta berikutnya adalah kantor cabang Makassar sudah resmi ditutup permanen berdasarkan surat permohonan ke Kementerian Agama oleh Direktur Pusat Januar Setyadi," kata Lindah.

Lindah mengatakan, Kantor Cabang Makassar tidak terdaftar lagi di Kementerian Agama sejak 9 Mei 2022.

"Bertepatan hari itu juga pimpinan cabang Makassar kepada saya melalui pesan WA bahwa dirinya sudah dipecat," lanjutnya.

Lindah pun mencoba mengonfirmasi ke Direkturnya, pimpinan cabang Makassar atas nama Nur Fahratul Ashari disebutkan masih aktif sebagai karyawan Sabda.

Lindah mengatakan kantornya tetap beroperasi, masih menerima dana pendaftaran haji furoda dan juga masih adakan kegiatan manasik haji di Juni 2022.

Akan tetapi, kata Lindah, tidak ada satu pun jemaahnya yang berangkat.

"Entah bagaimana dengan dana jemaah haji lainnya juga," katanya.

Lindah melanjutkan, harga paket Haji Furoda yang ditawarkan oleh Sabda Travel Services itu di bawah ketentuan pemerintah yaitu mulai Rp150 juta hingga Rp220 juta.

"Tetapi anehnya khusus jamaah haji furoda yang membayar seharga Rp160jt, akan mendapatkan free umroh jika gagal berangkat dan harga tersebut berbeda dgn ketentuan pemerintah yang pernah ada yaitu mulai Rp250 juta," katanya.

Lindah mengatakan, telah menanyakan perihal refund dana haji secara tertulis dan dikirim via official email, Customer Service kantor pusat sejak Maret 2022 dan juga kepada Pimpinan Cabang Makassar Nur Fahratul Ashari serta Direkturnya Januar Setyadi.

"Tapi tidak ada hasil, bukti pengiriman dan percakapan ada lengkap terarsip," katanya.

Lindah melanjutkan, untuk mengecek semua fakta yang ada, dapat cek legalitasnya melalui website : http://umrahcerdas.kemenag.go.id.

Jika belum diupdate bisa cek langsung di kantor kementerian agama Sulsel ataupun RI.

Silakan cek juga di kantor cabangnya yang ada di jalan Kumala Blok D5, Makassar atau di Office Tower 88 Kota Kasablanka Lt 2 Unit 2C, Jakarta Selatan.

"Perkembangan kasusnya juga bisa dicek di Polda Sulsel dengan nomor laporan tersebut di atas. Baik izin legalitas dan tindakan oknum dari SABDA TRAVEL Services ini perlu diusut tuntas. Khawatir ada jamaah lain atau calon jamaah yang belum menyadari," kata Lindah.

Sumber: fajar
Foto: Lindah Patta/IST
Habiskan Rp 880 Juta Tetapi Gagal ke Tanah Suci, Wanita Makassar Laporkan Agensi Haji ke Polda Habiskan Rp 880 Juta Tetapi Gagal ke Tanah Suci, Wanita Makassar Laporkan Agensi Haji ke Polda Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar