Breaking News

Puan Maharani Buka Peluang PIDP Koalisi dengan Gerindra dan PKB


Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani merespons pertanyaan soal peluang partainya menjalin koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Puan menyatakan koalisi itu bisa saja terjadi.

"Ya, mungkin saja," ujar Puan menanggapi pernyataan wartawan di sela-sela acara Rakernas II PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Puan menyatakan PDIP tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan dua partai tersebut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Ketua DPR RI ini pun mengaitkan soal pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu tidak bisa sendirian dalam membangun Indonesia.

"Ibu Ketum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong," kata Puan.

Puan pun mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal membangun Indonesia dalam pidatonya di acara rakernas itu. Jokowi sempat menyatakan bahwa membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antarpartai politik.

"Presiden juga menyatakan seperti itu, harus bisa bantu membantu membangun Indonesia," ujarnya.

Gerindra dan PKB dikabarkan sedang membangun koalisi bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaiz, bahkan sempat menyatakan kedua partai itu telah sepakat untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024. 

Sementara PDIP sendiri belum mengumumkan siapa calon presiden yang akan mereka usung. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan mereka kemungkinan baru akan mengumumkan calon presiden pada awal tahun depan. 

PDIP sebenarnya bisa saja mengusung calon tanpa berkoalisi. Pasalnya, mereka telah memenuhi persyaratan ambang batas pencalonan presiden, yaitu minimal 20 persen kursi di DPR RI. 

Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di acara Rakernas hari ini menyatakan bahwa peluang perempuan dan laki-laki dalam pencalonan presiden harus sama rata. Dia juga memuji kiprah Puan Maharani dalam memimpin sidang Inter-Parliamentery Union di Bali Maret lalu. Selain Puan, PDIP juga disebut memiliki opsi lain untuk diusung pada Pilpres 2024, yaitu Ganjar Pranowo. 

Sumber: tempo
Foto: Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar/Net
Puan Maharani Buka Peluang PIDP Koalisi dengan Gerindra dan PKB Puan Maharani Buka Peluang PIDP Koalisi dengan Gerindra dan PKB Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar