Breaking News

Jokowi Heran Anggaran Ketahanan Pangan Tak Jelas Hasilnya, Said Didu: yang Alokasi Dia, yang Awasi Dia, yang Marah Dia Juga!


Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempertanyakan anggaran ketahanan pangan yang cukup besar.

Ia menyebut padahal yang menjalankan dari alokasi hingga pengawasan juga termasuk Presiden Jokowi.

“Yang mengalokasikan dia, yang melaksanakan dia, yang mengawasi dia, Eh yang bertanya dia juga. Berikutnya, yang akan marah dia juga,” ucapnya dikutip dari Twitter @msaid_didu, Kamis (23/6/2022).

Diketahui sebelumnya Pemerintah pada tahun ini mengalokasikan anggaran ketahanan pangan sebesar Rp92,3 triliun. Anggaran ‘jumbo’ tersebut ternyata jadi pernyataan besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para menterinya.

Jokowi menanyakan apakah anggaran sebesar tersebut sudah ada hasilnya? Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi saat membuka sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden pada Senin (20/6/2022) dikutip dari Suara.com.

“Kita lihat anggaran pemerintah untuk ketahanan pangan ini gede banget. 2018 itu Rp86 triliun. Tahun 2022 ini Rp92,3 triliun. Gede banget loh ini, hasilnya apa setiap tahun? konkret apa? harus jelas,” kata Jokowi.

Awalnya Presiden Jokowi berbicara terkait krisis pangan yang saat ini sedang mengancam penduduk dunia, dirinya tak ingin ancaman krisis pangan melanda Indonesia. Untuk itu dirinya meminta agar produktivitas pangan nasional bisa ditingkatkan.

“Bayangkan kalau kita bisa memproduksi pangan dalam jangka yang pendek, kita terapkan semuanya, bukan hanya berdikari di bidang pangan, bukan hanya mandiri di bidang pangan tapi kita sekali lagi memiliki potensi untuk ekspor dan permintaan itu sudah masuk banyak sekali,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu dirinya meminta fokus pertama peningkatan produsksi besar besaran baik itu dari petani, korporasi, BUMN, semua harus ditingkatkan dan jangan mengikuti rutinitas harian.

“Yang sering kita kejebak di situ, sehingga strategi besarnya ini, yang harus kita lakukan malah hilang,” ucap Jokowi.

Sumber: fajar
Foto: Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu/Net
Jokowi Heran Anggaran Ketahanan Pangan Tak Jelas Hasilnya, Said Didu: yang Alokasi Dia, yang Awasi Dia, yang Marah Dia Juga! Jokowi Heran Anggaran Ketahanan Pangan Tak Jelas Hasilnya, Said Didu: yang Alokasi Dia, yang Awasi Dia, yang Marah Dia Juga! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar