Breaking News

5 Fakta Helikopter Jatuh di Papua, Angkut Pasien!


Helikopter Bell 412 SP dengan registrasi PK-DAR milik Derazona Air Service mengalami crash sehingga terjatuh di wilayah Distrik Jila, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (8/6/2022).

Helikopter ini dioperasikan PT Unitrade Persada bekerja sama dengan Pemkab Mimika. Helikopter Bell 412 SP ini diperuntukkan mengantar-jemput pasien maupun tenaga kesehatan dari kota ke pedalaman maupun sebaiknya.

Berikut 5 fakta mengenai jatuhnya Helikopter Bell 412 SP, sebagaimana dirangkum pada Kamis (9/6/2022) :

Angkut 11 Orang

Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika maupun PT Unitrade Persada Nusantara membenarkan informasi jatuhnya Helikopter Bell 412 SP PK-DAR tersebut. Dalam helikopter tersebut terdapat 11 orang.

"PK-DAR crash. 11 POB (3 anak-anak). Semua selamat, kecuali 1 anak masih hilang karena terlempar," kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Muhammad, Rabu (8/6/2022).

Bawa Pasien

Muhammad menjelaskan, ke-11 orang tersebut terdiri atas 2 orang pilot, 6 orang dewasa serta 3 anak-anak.

Helikopter itu dilaporkan hendak mengevakuasi pesien dari wilayah pedalaman (Distrik Jila) ke Kota Timika. Namun, helikopter tersebut malah terjatuh.

3 Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi

Begitu mendapat informasi helikopter terjatuh, Muhammad menjelaskan, upaya evakuasi langsung dilakukan tim gabungan. Tim SAR gabungan dari Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika menuju lokasi crash menggunakan helikopter.

"Tim SAR gabungan dari Basarnas, ERG (Emergency Response Group) dan Pemerintah Daerah sedang bersiap melakukan Medevac (evakuasi medis udara) di Hanggar Airfast," ucap Muhammad.

Evakuasi para korban menggunakan tiga unit helikopter yang terdiri dari dua helikopter sipil serta satu helikopter milik TNI AU.

"Ada tiga heli yang evakuasi, pertama heli Caracal, dua heli dari Airfast (sipil)," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang.

10 Korban Berhasil Diselamatkan

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George LM Randang mengatakan, ada 3 helikopter yang dikerahkan untuk evakuasi.
Helikopter evakuasi pertama yang tiba di helipad Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika berhasil membawa empat korban terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 bayi.

Kemudian helikopter kedua membawa 2 korban orang dewasa. Lalu helikopter selanjutnya membawa lagi 3 korban orang dewasa.

1 Korban Hilang

Meski begitu, dari ke-11 orang dalam helikopter tersebut, masih ada 1 orang yang dinyatakan hilang. Ia adalah seorang anak-anaknya.

Sementara itu, para korban yang dievakuasi langsung dibawa ke RSUD Mimika untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber: okezone
Foto: Tim SAR evakuasi korban helikopter jatuh di Mimika, Papua
5 Fakta Helikopter Jatuh di Papua, Angkut Pasien! 5 Fakta Helikopter Jatuh di Papua, Angkut Pasien! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar