Breaking News

4 Fakta Pasutri di Padang Kehilangan Uang Rp 1,1 Miliar Usai Klik Tautan di WhatsApp, Waspada Phising!


Pasangan suami istri di Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, kehilangan uang Rp 1,1 miliar dalam sekejap. Mereka diduga menjadi korban penipuan online.

Penipuan semacam ini memang sudah marak sejak dulu. Seharusnya bisa segera diatasi dengan rutin melakukan penyuluhan agar masyarakat bisa mengenal sistem kejahatan tersebut.

Di bawah ini bisa kamu simak sejumlah fakta terkait pasangan suami istri di Padang, Sumatera Barat yang kehilangan uang Rp 1,1 miliar.

1. Jadi Korban Phising

Pasutri ini diduga menjadi korban phising. Pasalnya, satu anggota keluarga sempat menerima dan mengklik tautan atau link yang dikirimkan melalui WhatsApp. Setelah itu, uang Rp 1,1 miliar hilang.

2. Video Laporan Mereka Viral

Kasus itu menyita perhatian publik usai video mereka melapor ke aparat kepolisian viral di media-media sosial.

Seperti halnya yang dilihat di SuaraSumbar.id, Kamis (9/6/2022), pasangan suami istri tersebut terlihat tengah melapor ke polisi setempat.

"Uang 1M 114 juta lenyap setelah mendapat pesan berupa link dan mengikuti petunjuk link tersebut. Uang yang berhasil diselamatkan atau tersisa hanya 14 juta," keterangan dari video seorang pengguna TikTok.

3. Kronologi Kejadian

Seorang lelaki di dalam video menanyakan kronologi atas kasus tersebut. Sang suami lantas menjawab dirinya menerima pesan Whatsapp terkait perubahan transaksi.

Ia juga ditanya oleh penipu apakah dirinya jarang melakukan transaksi. Jika iya disebutkan saldo rekeningnya akan dipotong 150 ribu tiap bulan.

Sang suami ini kemudian memohon agar tidak dipotong karena dirinya sering melakukan transaksi.

"Saya jawab jangan dipotong karena saya sering transaksi..." kata sang suami tapi tak menyelesaikan perkataannya karena menangis.

4. Ada Korban Lain

Seperti yang pernah diberitakan SuaraSumbar.id pada Rabu (18/5/2022), wanita muda menjadi korban penipuan hingga uang Rp 16 juta yang ada dalam rekening bank pribadinya ludes.

Sontak gadis tersebut menangis histeris setelah menyadari dirinya tertipu dan uang belasan juta rupiah miliknya hilang begitu saja.

Momen wanita muda itu menangis terekam video amatir dan menjadi viral di media-media sosial.

Video itu diunggah oleh salah seorang pengguna TikTok, Rabu (18/5/2022), tampak seorang gadis muda menangis sembari tidur-tiduran di sofa rumah.

Sementara itu, ada seorang wanita lain yang merupakan temannya, terlihat mencoba menghibur.

"Jadi kemarin sahabat aku kena tipu. uangnya 16 juta ludes di rekening. Sepanjang hari dia cuma nangis," tulis akun tersebut dalam video.

Si pembuat video memberi keterangan, Minggu tanggal 15 Mei 2022, temannya ini dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai pegawai bank BxI dan mengatakan ada pembaruan biaya transaksi.

Si penipu kemudian mengirimkan tautan atau link kepada temannya. Ia juga mengklaim, form dalam tautan itu harus diisi untuk keperluan administratif. Motifnya persis dengan kasus pasangan suami istri tersebut.

"Saat mengisi link itu, orang tersebut ternyata meretas mobile banking. Dengan sekejap mata saja uang tersebut hilang. Gak tau lagi gimana caranya," lanjutnya.

Dalam video itu juga terdapat potongan foto sisa saldo milik wanita muda tersebut. Tertera ada Rp 16 juta yang pindah rekening ke penipu. Sementara sisa uang yang ada di rekeningnya tinggal Rp 400 ribu.

Sumber: suara
Foto: Pasangan suami istri di Padang dan yang lainnya jadi korban penipuan.
4 Fakta Pasutri di Padang Kehilangan Uang Rp 1,1 Miliar Usai Klik Tautan di WhatsApp, Waspada Phising! 4 Fakta Pasutri di Padang Kehilangan Uang Rp 1,1 Miliar Usai Klik Tautan di WhatsApp, Waspada Phising! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar