Breaking News

Unggah Foto di Joglo Satriyo Pinayungan, Teguh Santosa: Dirgahayu Gubernur Anies Baswedan


Pendiri Kantor Berita Politik RMOL, Teguh Santosa, ikut mengucapkan  selamat ulang tahun ke-53 untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Teguh dan Anies memang telah saling mengenal sejak lama, setidaknya sejak Anies menyelesaikan pendidikan doktoral di Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat tahun 2007.

Keduanya juga kerap bertemu dalam berbagai kesempatan.

Di akun Twitternya, @teguhtimurcom, Teguh yang kini memimpin Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mengunggah foto dirinya dan Anies Baswedan disertai ucapan “Dirgahayu Gubernur @aniesbaswedan.”

Foto hitam putih itu diambil saat Teguh bertemu Anies di kediaman Anies di Lebak Bulus, pada30 April lalu menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Keduanya berbincang di teras depan Joglo Satriyo Pinayungan di kediaman Anies.

Usai pertemuan itu, di akun Facebooknya, Teguh menceritakan keunikan Joglo Satriyo Pinayungan itu yang merupakan peninggalan dari Kiai Kasan Besari, ulama di Ponogoro, Jawa Timur, pada abad ke-18.

Joglo ini diyakini dibangun tahun 1743 oleh atau atas perintah Sunan Pakubuwono II di Tegalsari, Ponorogo.

Setahun sebelumnya, Sunan Pakubuwono II terpaksa melarikan diri, meninggalkan ibukota Surakarta yang sedang dilanda huru hara.

Di Tegalsari ia mendapatkan perlindungan dari Kiai Kasan Besari. Setelah berhasil menguasai keadaan, Sunan Pakubuwono II kembali ke ibukota.

Sebagai rasa terima kasih, Sunan menetapkan Tegalsari sebagai tanah perdikan, otonomi khusus, juga menikahkan salah seorang putrinya dengan Kiai Kasan Besari. Satu lagi, dia bangunkan joglo ini sebagai hadiah perkawinan.

Kayu jati bangunan itu diperkirakan sudah berusia sekitar 470 tahun. Sudah keriput melalui jaman yang tak mudah. Masih kokoh menapak bumi.

Dalam pertemuan menjelang tengah malam itu, Teguh dan Anies mendikusikan beberapa hal mengenai perkembangan ibukota. Tidak lupa dia juga meminta doa restu karena hendak iktu pemilihan anggota DPD RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta pada Pemilu 2024 mendatang.

Sumber: rmol
Foto: Dok pribadi Teguh Santosa/Ist
Unggah Foto di Joglo Satriyo Pinayungan, Teguh Santosa: Dirgahayu Gubernur Anies Baswedan Unggah Foto di Joglo Satriyo Pinayungan, Teguh Santosa: Dirgahayu Gubernur Anies Baswedan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar