Breaking News

Innalillahi, Bos Martabak Kubang Hayuda Meninggal Dunia di Limapuluh Kota


Bos Martabak Kubang Hayuda meninggal dunia, Rabu (4/5/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Almarhum bernama Haji Yusri Darwis wafat di kampung halamannya di Nagari Kubang, Kabupaten Limpuluhkota, Sumatera Barat (Sumbar) dalam usia 82 tahun.

"Pak Uwo (almarhum) sempat dibawa ke rumah sakit lalu tadi pagi sekitar pukul 09. 30 WIB meninggal dunia," kata cucunya, Nurul Mukhlisah, Rabu (4/5/2022).

Almarhum dikebumikan di tempat pemakaman umum Nagari Kubang. Pihak keluarga menyampaikan permintaan maaf jika almarhum mempunyai kesalahan sekaligus memohon doa atas kepergiannya.

Nama "Hayuda" merupakan singkatan dari Haji Yusri Darwis. Lelaki yang akrab disapa Oji Yu di kampung halamannya itu merupakan pelopor Martabak Kubang yang kini berkembang ke berbagai daerah hingga luar provinsi Sumbar.

Saat masih muda, pria asli Nagari Kubang tersebut pergi merantau ke Sinaboi, Riau, kemudian bekerja di kedai martabak India selama bertahun-tahun.

Setelah mendapatkan pengalaman serta kepandaian di sana, ia lalu pulang kampung dan membuka kedai martabak sendiri di Padang pada 1971.

Alih-alih menjual martabak India seperti tempat bekerja sebelumnya, Hayuda kemudian menciptakan resep dan racikannya sendiri. Salah satunya dengan memasukkan Rendang daging sapi.

Pada awalnya martabak racikan Hayuda dikenal dengan sebutan "Martabak Mesir", namun karena membawa nama negara sebagai merek, nama tersebut kemudian diubah dengan "Martabak Kubang Hayuda".

Usaha yang dirintisnya kemudian sukses hingga menginspirasi warga Kubang lainnya untuk membuka usaha martabak ke tanah rantau dengan membawa nama "Kubang".

Selain itu banyak juga mantan anak buah Hayuda di restoran yang kemudian mendirikan usaha martabak sendiri, hingga akhirnya eksistensi Martabak Kubang kian meluas ke berbagai daerah seperti sekarang.

Saat ini, restoran Kubang di bawah naungan "Hayuda" memiliki sembilan cabang yang tersebar di Sumbar serta Jakarta, dan dikelola oleh anak serta keluarga.

Sumber: suara
Foto: Haji Yusri Darwis alias Hayuda bos Martabak Kubang Hayuda yang meninggal dunia. [Dok.Antara]
Innalillahi, Bos Martabak Kubang Hayuda Meninggal Dunia di Limapuluh Kota Innalillahi, Bos Martabak Kubang Hayuda Meninggal Dunia di Limapuluh Kota Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar