Breaking News

Adi Prayitno: Selain Golkar, Nasdem juga Bakal jadi Induk Poros Koalisi Pilpres


Manuver partai politik jelang dua tahun Pemilu Serentak 2024 mulai terbaca, minimal soal induk poros yang akan dihinggapi partai politik (Parpol) kelas menengah untuk memenangkan figur ideal di Pilpres 2024.

Terkaan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, paling tidak sedari sekarang sudah nampak kemungkinan terbentuknya 3 poros koalisi Pilpres 2024.

"Kita melihatnya begitu ya, dengan kemunculan Nasdem tentu saja. Kan ada asumsi-asumsi PDIP dengan Gerindra maju, kemudian sangat mungkin Golkar bikin poros sendiri, entah itu dengan Demokrat atau yang lain," ujar Adi kepada Kantor Berita Politik RMOL Kamis (12/5).

Untuk poros pertama, Adi menerka PDIP dan Gerindra membentuk poros sendiri untuk memajukan jagoannya sebagai Capres dan Cawapres 2024. Kemudian potensi poros kedua juga telah diperlihatkan Golkar, di mana elitenya sudah bertemu dengan elite Demokrat, dan yang terbaru malam ini bertemu elite PAN dan PPP.

"Sudah jelas Golkar sebagai partai pemenang Pemilu kedua sangat layak bikin poros sendiri," imbuhnya menegaskan.

Sementara kemungkinan poros ketiga, Adi melihat kemampuan partai yang dipimpin Surya Paloh, Nasdem, akan membentuk poros sendiri.

"Nasdem bisa bikin poros sendiri, karena punya jagoan yang katanya mau diusulkan. Nah, itu yang paling mungkin. Nasdem bikin poros sendiri dan Golkar bikin poros sendiri," ucapnya.

"Artinya mereka punya resources politik yang cukup memadai," demikian Adi. 

Sumber: rmol
Foto: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno/RMOL
Adi Prayitno: Selain Golkar, Nasdem juga Bakal jadi Induk Poros Koalisi Pilpres Adi Prayitno: Selain Golkar, Nasdem juga Bakal jadi Induk Poros Koalisi Pilpres Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar