Breaking News

Puan Sudah Perintahkan Jokowi Kendalikan Harga Pangan Pokok


Lonjakan harga sejumlah bahan pangan pokok di penghujung tahun 2021 harus segera diatasi pemerintah.

Menurut Ketua DPR RI, Puan Maharani, lonjakan harga bahan pangan pokok seperti minyak goreng, cabai, hingga telur ayam akan menyulitkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Pemerintah perlu segera mengendalikan harga bahan pangan pokok di akhir tahun ini. Minyak goreng, cabai, bawang dan telur ayam harganya sangat tinggi melebihi akhir tahun sebelumnya,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12).

Kenaikan bahan pokok ini dinilai akan sangat berdampak pada masyarakat berpenghasilan rendah.

Per 24 Desember 2021 lalu, harga minyak goreng di pasaran jauh melebihi harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 11 ribu/liter. Bahkan untuk minyak goreng kemasan sudah ada yang mencapai harga Rp 20 ribu/liter.

Harga bahan pangan pokok yang melambung tinggi lainnya adalah cabai rawit merah, telur ayam ras, dan bawang merah.

“Ibu-ibu rumah tangga sudah banyak mengeluh, harga cabai rawit merah di sejumlah daerah bahkan sudah ada yang mencapai Rp 140 ribu/kg. Ini sudah melebihi harga daging,” kritiknya.

Mantan Menko PMK ini menyesalkan, fenomena kenaikan harga ini selalu berulang dan perlu upaya penyelesaian yang komprehensif.

Menurutnya, perlu ada sinergi kebijakan antarsektor, baik dari sisi hulu maupun hilir, dari sektor produksi dan perdagangan. (RMOL)

Foto: Ketua DPR RI, Puan Maharani/Net
Puan Sudah Perintahkan Jokowi Kendalikan Harga Pangan Pokok Puan Sudah Perintahkan Jokowi Kendalikan Harga Pangan Pokok Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar