Breaking News

PKB Gagas Poros Islam untuk 2024, SMRC: Sejak 1955 Dukungan ke Partai-partai Islam di Bawah 35 Persen


Gagasan PKB membentuk poros Islam dengan menggandeng PKB dan PPP untuk Pilpres 2024 tak yakin bisa berhasil.

Pasalnya, Direktur Eksekutif Saiful Mudjani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas melihat sejarah dukungan terhadap partai-partai bercorak Islam mulai tahun 1955 tak melebih 50 persen suara.

"Sejak pemilu 1955 sampai 2019 lalu, total dukungan pemilih terhadap partai-partai Islam itu selalu di bawah 35 persen. Bahkan pernah di bawah 30 persen pada pemilu 2009," ujar Sirojudin kepada Kantor Berota Politik RMOL, Kamis dini hari (23/12).

Berkaca pada pengalaman tersebut, Sirojudin tak yakin PKB mampu menciptakan poros Islam baru untuk memenangkan hati rakyat di Pemilu mendatang.

"Jadi, koalisi poros Islam untuk Pilpres 2024 tidak akan kompetitif. Meskipun lengkap dengan PKS. Lebih lemah lagi jika hanya PKB, PAN dan PPP," tuturnya.

Lebih dari itu, Sirojudin juga memperkirakan partai-partai nasionalis tidak akan merespon manuver PKB secara serius terkait gagasannya membentuk poros Islam.

Karena menurutnya, dalam politik Indonesia saat ini arah gerakan politik pada satu aliran atau golongan sudah ketinggalan zaman.

"Sangat naif jika masih ada partai politik yang mengira politik aliran bisa jadi kunci kemenangan Pilpres," katanya.

Dalam skala kecil misalnya di tingkat Dapil, Sirojudin mencontohkan, poros yang cenderung pada satu golongan masih mungkin memenangkan kompetisi.

"Tapi dalam skala Pilpres sangat sulit. Sebab, untuk menang, seorang calon membutuhkan dukungan dari spektrum pemilih yang luas," ucapnya.

Maka dari itu, Sirojudin tidak yakin partai-partai akan membentuk koalisi aliran secara homogen untuk Pilpres 2024.

"Kecenderungannya mereka akan membangun koalisi campuran. Koalisi pelangi atau koalisi hybrid," pungkasnya. [rmol]

Foto: Direktur Eksekutif Saiful Mudjani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas/Net
PKB Gagas Poros Islam untuk 2024, SMRC: Sejak 1955 Dukungan ke Partai-partai Islam di Bawah 35 Persen PKB Gagas Poros Islam untuk 2024, SMRC: Sejak 1955 Dukungan ke Partai-partai Islam di Bawah 35 Persen Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar