Breaking News

Respon PSSI, Najwa Shihab Tolak Buka Identitas Pengatur Skor Liga 2


PSSI akan memempuh jalur hukum dan menuntut acara Mata Najwa supaya bisa mendapatkan identitas wasit yang melakukan pengaturan skor di Liga 2 2021.

Melalui Instagram @najwashihab, presenter Najwa mengatakan bahwa dirinya menolak membuka identitas narasumber pengaturan skor yang tayang di program Mata Najwa episode `PSSI Bisa Apa jilid 6`.

"Saya menolak permintaan tersebut karena menghormati hak narasumber yang menghendaki anonim," tulis Najwa, seperti dilihat pada Minggu (7/11/2021).

Tak hanya itu, Najwa pun berkaca pada Undang-undang (UU) Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers memberikan pers `hak tolak`.

Hak tersebut, kata dia, hak wartawan karena profesinya, untuk menolak mengungkapkan nama atau identitas lainnya dari sumber berita yang harus dirahasiakannya.

Menurutnya, hak tolak ini tidak serampangan diberikan kepada pers. Lebih jauh, panduan Kode Etik Jurnalistik yang telah disahkan oleh Dewan Pers.

Di situ, lanjut Najwa, menjelaskan bahwa hak tolak itu bertujuan “demi keamanan narasumber dan keluarganya”.

"Jadi, hak tolak ini memang untuk menjamin kemerdekaan pers, juga membantu menjangkau informasi penting yang mungkin tidak akan pernah diungkapkan kepada narasumber publik jika mendapat proteksi memada," ujarnya.

"Judul #PSSIBisaApa pada dasarnya kritik terhadap PSSI yang punya sumber daya berlimpah, akses dan pengetahuan yang mencukupi untuk memperbaiki segala sepakbola, sepakbola, dalam pengaturan skor," sambungnya.

Najwa juga mengatakan para pelaku yang sudah disanksi dalam kasus Perserang sudah sangat cukup sebagai pintu masuk untuk menggeledah sampai ke akarnya.

"Polisi harus memainkan perannya, itu sudah sangat jelas, sama jelasnya dengan peran dan tanggung jawab yang mestinya dipenuhi PSSI," pungkas Najwa.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presenter Najwa Shihab. (Grid)
Respon PSSI, Najwa Shihab Tolak Buka Identitas Pengatur Skor Liga 2 Respon PSSI, Najwa Shihab Tolak Buka Identitas Pengatur Skor Liga 2 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar