Breaking News

Amien Rais: Kalau TNI Punya Parpol Langsung Demokrasi Hancur, Hasil Pemilu Sudah Bisa Diramalkan


Pendiri Partai Ummat Amien Rais tak setujun dengan pendapat Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang menyatakan sudah saatnya TNI memiliki partai politik (parpol). Amien Rais lantas menyebut demokrasi Indonesia bisa hancur jika TNI memiliki parpol.

"Saya masih ingat beberapa kali Pak Agus (Widjojo) membicarakan tentang pemikirannya bahwa kata beliau 'mungkin sudah saatnya TNI menjadi sebuah partai politik," kata Amien Rais di akun YouTube-nya, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Amien Rais kemudian menegaskan jika TNI memiliki atau menjadi parpol maka demokrasi Indonesia karena tidak bisa menyaingi partai yang memiliki tank dan bedil.

"Kalau TNI jadi parpol, langsung demokrasi Indonesia hancur, karena mana ada parpol sipil bisa bersaing, bisa menahan partai yang punya bedil dan peralatan tempur," ujarnya.

Mantan Ketua MPR itu juga menekankan jika hal itu terjadi, maka hasil pemilu sudah bisa diramalkan dan pasti menang.

Menurut Amien, gagasan TNI menjadi parpol itu tidak masuk akal karena kebebasan sipil akan musnah.

"Rakyat yang beroposisi dianggap musuh, dan dapat dilenyapkan dan berbagai hal yang mengerikan lainnya," kata dia.

Selain itu, Amien juga mengingatkan jika polisi memiliki wewenang tanpa batas dan dipersenjatai alutsista yang bisa merubah peran pokoknya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

"Andai kata polisi dikasih senjata yang canggih, tempur, maka polisi menjadi lebih militer dan kebebasan sipil juga pasti musnah," katanya.

Menurut Amien, jika hal itu terjadi, maka Indonesia menjadi negara totaliter yang sama sekali tidak mentoleransi adanya oposisi dan nilai-nilai kemanusiaan akan hancur.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais/Net
Amien Rais: Kalau TNI Punya Parpol Langsung Demokrasi Hancur, Hasil Pemilu Sudah Bisa Diramalkan Amien Rais: Kalau TNI Punya Parpol Langsung Demokrasi Hancur, Hasil Pemilu Sudah Bisa Diramalkan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar