Breaking News

Sebut Kementerian Agama Hadiah Untuk NU, Yaqut Cholil Qoumas: Wajar Kalau NU Manfaatkan Banyak Peluang


Pernyataan kontroversial kembali diucapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada sebuah acara Webinar yang digelar RMI-PBNU pada kanal YouTube TVNU, Rabu, 20 Oktober 2021.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) merupakan hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU), bukan umat Islam secara umum.

Hal itu bermula saat Yaqut bercerita ada perdebatan kecil di internal Kemenag terkait asal-usul pendirian Kemenag.
Hal itu terkait dengan rencananya untuk mengganti slogan Kemenag yakni 'Ikhlas Beramal'.

"Ada perdebatan kecil di kementerian ketika mendiskusikan Kemenag. Saya mau ubah tagline atau logo Kemenag. Tagline kemenag itu kan ikhlas Beramal. Saya rasa enggak ada ikhlas itu ditulis. Ikhlas itu kan di hati. Enggak ada ikhlas ditulis. Ikhlas beramal itu enggak pas," kata Yaqut di acara tersebut.

Namun perdebatan itu malah menjalar ke soal asal usul berdirinya Kemenag. Ia bercerita terdapat staf Kemenag yang mengatakan bahwa Kemenag dibentuk sebagai hadiah untuk umat Islam.

Ia pun mengaku membantah hal tersebut. Baginya, Kemenag merupakan hadiah bagi NU. Sehingga wajar bila NU memanfaatkan banyak peluang di Kemenag sampai saat ini.

"Saya bantah. Kemenag itu hadiah untuk NU, bukan umat Islam secara umum. Tapi spesifik untuk NU. Saya rasa wajar kalau sekarang NU memanfaatkan banyak peluang di Kemenag karena hadiahnya untuk NU," ujarnya.

Yaqut lantas menjelaskan secara historis soal pendirian Kemenag. Kemenag, kata dia muncul karena pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta.

Tujuh kata itu yakni 'Ketuhanan dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi Pemeluk-pemeluknya'. Baginya, tokoh-tokoh NU kala itu memiliki peran penting sebagai juru damai usai tujuh kata itu dihapus dari Piagam Jakarta.

"Kenapa begitu? Kemenag muncul karena pencoretan 7 kata dalam piagam jakarta . Yang usulkan itu jadi juru damai atas pencoretan itu mbah Wahab Chasbullah. Kemudian lahir Kemenag karena itu," ujar Yaqut

"Nah wajar kalau kita minta Dirjen Pesantren dan kita banyak afirmasi pesantren dan santri jamiyah NU. Saya kira rasa wajar saja. Tak ada yang salah," tambah dia.

Yaqut pun melanjutkan ada yang memprotes pernyataannya tersebut. Karena di Kemenag turut melakukan afirmasi bagi agama Kristen, Katolik, Hindu, Budha hingga Konghucu.

Menjawab itu, Yaqut menekankan jemaah NU yang besar tetap ingin melindungi semua yang kecil.

"Eh NU itu besar dan jamaahnya besar. Fisik badannya besar. Orang yang besar itu melindungi yang kecil. NU itu ingin melindungi yang kecil," kata dia.

"Nah kalau sekarang Kemenag jadi kementerian semua agama, bukan menghilangkan ke NU-annya. Tapi justru menegaskan NU. NU terkenal toleran dan moderat. Saya rasa enggak ada yang salah," katanya lagi.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. /instagram/@gusyaqut/ /
Sebut Kementerian Agama Hadiah Untuk NU, Yaqut Cholil Qoumas: Wajar Kalau NU Manfaatkan Banyak Peluang Sebut Kementerian Agama Hadiah Untuk NU, Yaqut Cholil Qoumas: Wajar Kalau NU Manfaatkan Banyak Peluang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar