Breaking News

Partai Ummat Nilai Jokowi Gagal Atasi Konflik Agraria Selama 5 Tahun: Mereka Korban Ketidakadilan


Partai Ummat menyoroti kegagala Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengelola konflik agraria yang terjadi selama lima tahun terakhir.

Menurut Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi lima tahun terakhir total ada 2.288 konflik agraria.

Dari total tersebut, 1.437 orang mengalami kriminalisasi, 776 orang juga mengalami kriminalisasi, 75 orang tertembak, dan 66 orang tewas.

Mereka semua, kata Ridho adalah korban ketidakadilan struktural.

“Mereka adalah korban ketidakadilan struktural, tetapi pemerintah masih berkilah dan memberikan kesan seolah-olah mereka korban konflik horizontal,” katanya di Kantor DPP Partai Ummat Jumat, 8 Oktober 2021.

Ridho kemudian menjelaskan, realita penguasaan tanah saat ini, sebagian besar berasal di korporasi alias tangan cukong.

Padahal, angka rakyat yang hidupnya bergantung pada pertanahan baik itu perkebunan dan pertanian sangatlah banyak.

Dia juga mengungkapkan bahwa sebanyak 68 persen tanah di seluruh Indonesia saat ini dikuasai oleh satu persen kelompok pengusaha dan badan korporasi skala besar.

“Sebanyak 68 persen tanah yang ada di seluruh Indonesia saat ini dikuasai oleh satu persen kelompok pengusaha dan badan korporasi skala besar,” ungkapnya.

“Sementara itu, di sisi lain, lebih dari 16 juta rumah tangga petani yang menggantungkan hidupnya dari bertani, masing-masing hanya menguasai lahan di bawah setengah hektar,” pungkasnya.

Sebelumnya, dua kelompok petani dari Kabupaten Majalengka dan Indramayu terlibat bentrokan maut di areal PT PG Rajawali II, Jatitujuh, Senin (4 Oktober 2021). Bentrokan ini diduga dipicu perebutan lahan garapan.

"Kronologi kejadian ini, berawal ada dugaan perebutan lahan tebu. Diduga perebutan lahan penggarap melibatkan kelompok tani dari Indramayu dan Majalengka. Sehingga terjadi bentrokan, dan mengakibatkan dua orang meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago kepada wartawan, Senin, 4 Oktober 2021. ***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ridho Rahmadi, Ketua Umum Partai Ummat. /ANTARA FOTO/Hendra Nurdyansyah/wsj
Partai Ummat Nilai Jokowi Gagal Atasi Konflik Agraria Selama 5 Tahun: Mereka Korban Ketidakadilan Partai Ummat Nilai Jokowi Gagal Atasi Konflik Agraria Selama 5 Tahun: Mereka Korban Ketidakadilan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar