Breaking News

Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Alvin Lie Heran: Peraturan Aneh dan Ironis, Memberatkan Masyarakat


Pengamat penerbangan, Alvin Lie turut menanggapi peraturan terbaru pemerintah terkait test PCR yang diwajibkan bagi penumpang pesawat.

Menurutnya, peraturan tersebut ironis dan aneh, sebab kasus Covid-19 di Jawa-Bali terbilang sudah terkendali.

“Tanggapan saya terkait peraturan ini ironis dan aneh ya,” ujarnya pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

“Memang sebelumnya sudah ada wajib PCR untuk rute yang ada di luar Jawa Bali dengan pertimbangan bahwa pengendalian penyebaran Covid-19 di Jawa Bali itu dinilai cukup baik,” imbuhnya.

Dalam pandangannya, kebijakan ini malah memberatkan pelaku perjalanan dan pelaku usaha penerbangan.

“Sedangkan luar Jawa Bali yang pengendaliannya belum diperbaiki diwajibkan melakukan PCR. Nah sekarang kan sudah melandai di bawah 1.000 kasus, ini malah yang di Jawa Bali wajib PCR,” terangnya.

“Logikanya seharusnya menggunakan antigen semua, ini tentu memberatkan pelaku perjalanan dan pelaku usaha penerbangan,” sambung Alvin.

Bahkan Alvin Lie mengaku bingung dengan kebijakan pemerintah yang berbeda-beda.

“Yang luar Jawa Bali malah boleh antigen dan tidak diwajibkan untuk vaksin dua kali dan itu tertuang dalam SE nomor 21 dan SE Kemenhub bahwa perjalanan pesawat antar kota di luar Jawa Bali itu cukup PCR 2 kali 24 jam dan antigen 1 kali 24 jam tanpa syarat vaksinasi, itu kan aneh,” ungkapnya lagi.

Seperti diketahui, mulai Minggu, 24 Oktober 2021 masyarakat yang akan berpergian naik pesawat di wilayah Jawa-Bali diwajibkan menunjukkan hasil tes PCR negatif.

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara.

Sementara, untuk penerbangan dari dan ke luar Pulau Jawa dan Bali dengan kategori wilayah berstatus PPKM level 1 dan 2 wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang berlaku 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan. ***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pengamat Penerbangan Alvin Lie/Net
Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Alvin Lie Heran: Peraturan Aneh dan Ironis, Memberatkan Masyarakat Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Alvin Lie Heran: Peraturan Aneh dan Ironis, Memberatkan Masyarakat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar