Breaking News

Menteri Tjahjo Minta Maaf Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu


MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meminta maaf. Tjahjo meminta maaf lantaran sempat memposting foto 'Jalan Tol Cisumdawu di Jabar' yang sudah dilabeli 'disinformasi' oleh Kominfo.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya- tjahjokumolo," tulis Tjahjo melalui akun Twitter-nya, Minggu (10/10/2021).

Postingan Tjahjo

Postingan yang dimaksud Tjahjo adalah foto jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Dalam postingan yang sudah dihapusnya itu, terselip informasi:

Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Disinformasi

Kominfo sudah melabeli foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut sebagai disinformasi.

"Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi 'Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit'. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," tulis Kominfo melalui situsnya.

Dijelaskan, foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut bukanlah di Indonesia, melainkan di Turki.

"Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki," lanjutnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tjahjo Kumolo (Foto: Marlinda/detikcom)
Menteri Tjahjo Minta Maaf Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu Menteri Tjahjo Minta Maaf Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar