Breaking News

Hoax Tjahjo Kumolo Soal Tol Cisumdawu, Roy Suryo: Ya Tidak Layak Diapresiasi .. AMBYAR


Pengamat Telematika KRMT Roy Suryo mengakui Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) kini tengah dalam proses pembangunan.

Seiring hal itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, menyatakan, hal tersebut pantas mendapat apresiasi.

"Tol CISUMDAWU (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) memang lagi dibangun, secara Obyektif kita pantas mengapresiasi Pemerintah yg gencar membangun Infrastruktur ini," ujarnya melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2, Minggu, 10 Oktober 2021.

"Asal Jangan cepat-cepat dijual dan Tarifnya mencekik Rakyat," ujarnya.

Namun ia menyoroti soal kabar hoax yang disampaikan MenPAN RB, Tjahjo Kumolo.

"Tetapi kalau ada Info HOAX begini ya Tidak Layak Diapresiasi .. AMBYAR," tandasnya.

Terkait hal itu, MenPAN RB Tjahjo Kumolo menyampaikan permintaan maaf karena telah mengunggah foto 'Jalan Tol Cisumdawu di Jabar' yang sudah dilabeli 'disinformasi' oleh Kominfo.

Permintaan maaf itu disampaikannya melalui cuitan pada akun Twitter @tjahjo_kumolo, Minggu, 10 Oktober 2021.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya- tjahjokumolo," cuitnya.

Unggahan Tjahjo adalah foto jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Unggahan tersebut telah dihapus.

Sebelum dihapus, unggahan tersebut bernarasi sebagai berikut:

Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Kominfo sudah melabeli foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut sebagai disinformasi.

"Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi 'Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit'. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," tulis Kominfo melalui situsnya.

Dijelaskan, foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut bukanlah di Indonesia, melainkan di Turki.

"Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki," lanjutnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pakar telematika, Roy Suryo/Net
Hoax Tjahjo Kumolo Soal Tol Cisumdawu, Roy Suryo: Ya Tidak Layak Diapresiasi .. AMBYAR Hoax Tjahjo Kumolo Soal Tol Cisumdawu, Roy Suryo: Ya Tidak Layak Diapresiasi .. AMBYAR Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar