Breaking News

Ada Ratusan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Masih Tunggu Sikap Kemensos


Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berjanji akan membantu anak yatim piatu yang kehilangan kedua orang tuanya akibat terpapar Covid-19.

Janji tersebut dibenarkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dengan mengatakan bahwa bantuan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan anak yatim piatu ketika pandemi Covid-19.

"Kami melalui Dinas Sosial punya program mengatasi masalah sosial, terlebih juga bagi anak-anak menjadi yatim piatu itu akan menjadi perhatian kita," kata Ahmad Riza Patria.

Wagub Riza Patria menegaskan bahwa Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan pendataan terkait jumlah anak yatim piatu akibat pandemi Covid-19.

"Kita akan menyiapkan program bantuan yang selama ini diberikan pada masyarakat tidak mampu, yatim piatu, dan sebagainya," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan mengurangi mobilitas untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat mengaku masih menunggu respons dari Kementerian Sosial (Kemensos) terkait bantuan untuk anak yang menjadi yatim-piatu karena orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

Hingga saat ini, Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) melalui Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Barat sudah mengirimkan data jumlah anak-anak korban Covid-19 ke Kemensos.

"Sampai saat ini kita telah berkirim surat belum ada info lebih lanjut," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Suku Dinas Sosial (Kabag Kesra Sudinsos) Jakarta Barat, Abdurrahman Anwar.

Kabag Kesra Sudinsos Jakarta Barat Abdurrahman Anwar mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat tersebut bulan lalu.

Dikatakan bahwa dalam surat tersebut tertera jumlah anak yatim-piatu korban Covid-19 di Jakarta Barat, yaitu mencapai 675 orang.

Ratusan anak yatim-piatu itu telah didata dari delapan kecamatan yang tersebar di wilayah Jakarta Barat.

Abdurrahman Anwar belum bisa memastikan seperti apa bantuan yang nantinya akan diberikan kepada ratusan anak yatim-piatu tersebut.

Dia juga belum bisa memastikan teknis pembagian bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kalau ditanya seperti apa bantuannya kita belum dapat dari Kementerian Sosial," katanya yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Kamis, 7 Oktober 2021.

Ia menegaskan bahwa pihaknya baru bisa menjelaskan lebih detail soal bantuan setelah mendapat balasan dari Kemensos.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Anies Baswedan Salurkan Bantuan Bagi Anak Yatim-Piatu Korban Covid-19: Jalan Mendekatkan Diri kepada Allah /Pikiran Rakyat/Amie Faisol
Ada Ratusan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Masih Tunggu Sikap Kemensos Ada Ratusan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Masih Tunggu Sikap Kemensos Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar