Breaking News

Megawati Wanti-wanti Gibran Rakabuming: Surakarta Jangan Sampai Tenggelam


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mewanti-wanti putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibra Rakabuming Raka selaku Wali Kota Surakarta.

Pada acara pelatihan manajemen bencana dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas), Selasa, 28 September 2021, ia meminta Gibran menata Sungai Bengawan Solo hingga tak meluap seiring terjadinya global.

Meski tak berada di tepi laut, namun menurut putri Bung Karno ini Surakarta tetap berpotensi banjir karena dialiri Sungai Bengawan Solo.

"Di Surakarta, itu ada Bengawan Solo. Ayo mulai ditata. Bilang ke Pak Wali Kota (Gibran), jangan sampai tenggelam. Semua harus disiapkan," kata dia dalam keterangannya, Selasa, 28 September 2021.

Ia menyebutkan, salah satu ancaman bencana dalam beberapa waktu terakhir adalah meningkatnya permukaan air laut akibat pemanasan global.

Dengan begitu, lanjutnya, sungai-sungai meluap karena aliran ke laut terhalang.

"Belajarlah ke BMKG untuk mengetahui situasi dan kondisi cuaca hari ini dan prediksi ke depan. Bayangkan kalau tiba-tiba sungai meluap. Yang terjadi karena air laut meninggi sehingga air sungai meluap tak bisa mengalir ke laut," kata dia.

Tak hanya Gibran, Mega pun mengingatkan sejumlah kepala daerah lain, seperti Bupati Purbalingga dan Wakil Bupati Kebumen Ristiawati, yang hadir di acara tersebut.

"Pikirkan juga bagaimana jalur bantuan masuk ketika terjadi bencana. Jangan sampai jalur tertutup ketika terjadi bencana. Sehingga bantuan makanan dan lainnya bisa masuk," kata Mega.

Sebelumnya, Megawati juga mengingatkan akan ancaman tenggelam di Jakarta dalam sepuluh tahun mendatang.

Megawati pun melapor kepada Presiden Joko Widodo terkait hal ini.

Hal itu ia sampaikan untuk merespons pidato Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang menyatakan ada prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun lagi.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. /Dok. PDI Perjuangan/pdiperjuangan.id
Megawati Wanti-wanti Gibran Rakabuming: Surakarta Jangan Sampai Tenggelam Megawati Wanti-wanti Gibran Rakabuming: Surakarta Jangan Sampai Tenggelam Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar