Breaking News

AHY: Demokrat Ingin Rakyat Selamat, Jangan Anggap Kritik Sebagai Lawan


Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan sejak awal Demokrat ingin rakyat selamat. Karena itu Partai Demokrat ingin pemerintah sukses menangani pandemi Covid-19. 

"Sayangnya, niat baik seperti itu seringkali disalah artikan. Pandangan atau masukan kritis dianggap sebagai bentuk serangan atau gangguan untuk kepentingan politik tertentu. Lebih menyakitkan, jika setiap masukan dan pandangan yang berbeda, dianggap sebagai bentuk perlawanan; dianggap tidak 'merah putih'," kata AHY saat menyampaikan pidato kebangsaan untuk memperingati 50 tahun CSIS (Center for Strategic and International Studies) Indonesia, Pada Selasa 24 Agustus 2021.

Menurut AHY mereka yang tidak 'merah putih'‎ ini adalah mereka yang hanya berdiam diri saat tahu ada yang keliru di negeri ini. 

Sebelumnya AHY juga menguraikan langkah-langkah Partai Demokrat untuk membantu sesama masyarakat, baik melalui 'Gerakan Nasional Partai Demokrat' serta bulan bakti dalam menyongsong peringatan dua dekade Partai Demokrat tanggal 9 September 2021 mendatang maupun melalui jalur legislatif.

Menanggapi hal ini, Asep Wahyuwijaya, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar, mengatakan bahwa sejak awal, Demokrat selalu berikhtiar agar satu kata dan perbuatan. 

"Kami mendukung apa yang bagus, tapi tidak segan memberi masukan atau koreksi jika ada program pemerintah yang perlu diperbaiki. Tapi kami tidak hanya bicara. Kami juga aktif turun ke lapangan, membantu warga yang terdampak," ucapnya.

Akademisi dari FISIP Unpad Firman Manan mengapresiasi pidato kebangsaan AHY ini. 

"Di antara ketua-ketua umum partai politik yang ada di Senayan, AHY yang paling muda, tapi pidato ini menunjukkan kematangan dan pemahamannya atas situasi yang terjadi serta kemampuannya untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan," kata Firman Manan

Pada pidatonya AHY pun mengedepankan tentang pentingnya semangat bipartisan, melalui sinergi dan kolaborasi semua komponen bangsa. 

"Di sisi lain, sikap Partai Demokrat yang menjalankan fungsi oposisi dengan melakukan kritik konstruktif tentunya sangat penting dalam sistem demokrasi," kata dosen jebolan Ohio University ini.

"Saya mengapresiasi juga peringatan yang disampaikan oleh AHY tentang  potensi terjadinya kemunduran (regresi) demokrasi. Apalagi yang secara spesifik mengingatkan akan bahaya politik uang, politik identitas dan politik pasca kebenaran yang akan menghambat proses konsolidasi demokrasi. Saya kira isu ini sangat relevan untuk terus digaungkan agar demokrasi kita tak mengalami kemunduran," katanya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). /ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
AHY: Demokrat Ingin Rakyat Selamat, Jangan Anggap Kritik Sebagai Lawan AHY: Demokrat Ingin Rakyat Selamat, Jangan Anggap Kritik Sebagai Lawan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar