Breaking News

Presiden Jokowi Disebut Lebih Condong ke Anies Baswedan di Pilpres 2024


Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan bakal lebih condong kepada Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang ketimbang calon-calon lainnya.

Soalnya kedekatan Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut masih berjalan baik sejak Pilpres 2014 hingga saat ini.

Setidaknya hal tersebut diungkapkan pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas) Saiful Anam, Minggu, 5 Juli 2021.

"Saya kira kedekatan Jokowi dengan Anies masih sangat erat. Seperti kita tahu dalam Pilpres 2014 yang lalu Jokowi sangat dekat dengan Anies, meskipun Jokowi terpaksa melakukan reshuffle Anies selaku Mendikbud pada waktu itu atas desakan parpol,” urainya.

"Untuk itu, dengan adanya PPKM Darurat maka sebenarnya Jokowi sedang ingin memberikan ruang kepada Anies untuk dapat membuktikan bahwa Anies layak sebagai capres 2024 mendatang," lanjutnya.

Menurutnya, ada keuntungan secara politis bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pemberlakuan PPKM Darurat yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Saya kira dengan adanya PPKM Darurat akan jadi keuntungan tersendiri bagi gubernur yang silent dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," ujarnya.

Disebutkan, Anies merupakan sosok kepala daerah yang dikenal tidak 'banci kamera' dan bekerja secara senyap. Secara perlahan-lahan Presiden Jokowi akan mulai sadar dengan kinerja Anies dalam memutus rantai sebaran Covid-19.

"Apalagi kita lihat bersama Jokowi mulai kembali dekat dengan Anies. Jokowi, saya yakin, mulai sadar akan kerja-kerja Anies," tandasnya.

Kedekatan tersebut, lanjutnya lagi, bisa membuka peluang bagi Jokowi untuk lebih condong ke Anies di Pilpres 2024 mendatang ketimbang calon-calon lainnya.

Akhir-akhir ini, Anies Baswedan kerap disebut-sebut bakal menjadi salah satu kandidat calon presiden potensial pada Pilpres 2024.

Lalu berapa kekayaan gubernur yang jabatannya akan habis pada tahun 2022 itu?

Dilansir dari situs LHKPN per tanggal lapor 31 Desember 2020, total kekayaan Anies tercatat senilai Rp17 miliar dengan utang Rp6 miliar.

Harta kekayaan Anies paling banyak berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp13 miliar. Anies juga diketahui memiliki 4 bidang tanah: dua hasil sendiri di Jakarta Selatan, satu tanah warisan, dan satu tanah hibah dengan akta di Sleman.

Selain itu, alat transportasi dan mesin yang dipunya Anies bernilai Rp648 juta. Nilai tersebut terdiri dari Mobil Mazda-2 2013 (Rp98 juta) dan Honda Odyssey 2016 (Rp480 juta).

Sementara untuk motor, Anies memiliki Vespa Sprint 1968 senilai Rp50 juta dan Kawasaki EX250V 2018 seharga Rp50 Juta.

Anies juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp1.061 miliar, surat berharga Rp56 juta, kas dan setara kas Rp2.017 miliar, dan harta lainnya Rp631 juta.

Jadi karena memiliki utang Rp6.846 miliar, total kekayaan Anies menyentuh Rp10.915 miliar.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Presiden Jokowi Disebut Lebih Condong ke Anies Baswedan di Pilpres 2024 Presiden Jokowi Disebut Lebih Condong ke Anies Baswedan di Pilpres 2024 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar