Breaking News

Menunggu Matang Buah Nangka Mirip Durian yang Bikin Heboh


Ada buah nangka mirip durian di Ponorogo. Saat ini, pemilik pohon nangka dan warga yang penasaran menunggu buah yang bikin heboh ini matang.

Pohon nangka ini berada di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan. Buah nangka mirip durian ini sempat direkam pemilik pohon, Marjuki. Dia ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa ada buah durian di pohon nangka miliknya. Video berdurasi 29 detik itu pun beredar.

Video itu menunjukkan adanya buah mirip durian di antara buah nangka. Saat ini, pohon nangka milik Marjuki sedang berbuah banyak. Sekilas, pohon ini terlihat seperti pohon nangka pada umumnya. Namun saat didekati, ada satu buah nangka yang bentuknya mirip durian.

Buah nangka mirip durian ini tampak mencolok di antara puluhan buah nangka lainnya. Bentuk durinya pun tajam layaknya buah durian.

Salah seorang warga yang penasaran, Wahyudi mengaku menyempatkan diri datang untuk melihat kebenaran buah durian di pohon nangka. "Saya tahu dari video yang tersebar di HP, mau lihat benar atau tidaknya," tutur Wahyudi kepada detikcom, Kamis (1/7/2021).

Wahyudi yang merupakan warga Mlilir, Madiun sengaja mengajak putrinya yang penasaran ingin melihat pohon nangka unik itu. Awalnya dia mengira pohon ini di-stek sehingga muncul buah durian.

"Ternyata saya lihat asli, bukan stek-an," papar Wahyudi.

Sementara pemilik pohon nangka, Marjuki mengatakan, awalnya pada Minggu (27/6) dia bersih-bersih di lantai 2 rumahnya. Saat itu dia melihat ada satu buah yang bentuknya mirip durian. Padahal pohon miliknya itu pohon nangka.

"Akhirnya saya suruh anak buah saya itu buat ambil video, benar nggak itu durian apa bukan. Ternyata benar," tutur Marjuki kepada detikcom.

Marjuki menambahkan, pohon nangka ini tumbuh secara alami sejak belasan tahun lalu di lahan miliknya. Oleh keluarganya, buah nangka hasil panennya tidak pernah dijual.

"Saya sering kasih ke orang-orang, kadang ke pondok juga se-karung buat disayur," terang Marjuki.

Menurut Marjuki, adanya buah nangka mirip durian ini baru pertama kali terjadi. Dia pun merasa kaget dan heran.

"Ini namanya bukti kebesaran Allah," imbuh Marjuki.

Marjuki pun bertekad tidak akan menjual buah nangka mirip durian itu. Dia akan menjaga buah itu hingga matang.

"Tidak akan saya jual, mau saya tunggu sampai matang," terang Marjuki.

Usai video buah nangka mirip durian itu beredar, lanjut Marjuki, kini banyak masyarakat yang datang melihat sendiri. Kebanyakan dari mereka ingin membuktikan keaslian buah ini.

"Tiap pagi di sini selalu ramai, banyak orang yang datang melihat. Karena penasaran ya, dilihat. Stek apa bukan. Ternyata asli," ujar Marjuki.

Lalu apa yang ia lakukan agar buah nangka mirip durian itu tak diambil orang. Yang pertama, Marjuki mewanti-wanti warga agar tak memetik buah nangka mirip durian miliknya.

"Boleh lihat, bebas. Tapi jangan dipetik," pesan Marjuki kepada warga.

Pantauan detikcom, pohon nangka yang berada di depan rumah Marjuki itu menjadi perhatian warga. Banyak warga yang penasaran dan ingin melihat langsung buah nangka mirip durian itu.

Agar memudahkan warga, Marjuki pun memberi penunjuk dengan menempelkan kertas bertuliskan 'Subhanallah Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya. Pohon nangka berbuah durian benar adanya'.

"Dulu ada galah di depan rumah buat ngambil, sekarang saya sembunyikan. Biar tidak diambil orang," terang Marjuki.

Menurut Marjuki, buah nangka yang lain boleh diminta warga. Tapi tidak untuk satu buah nangka mirip durian itu.

"Biasanya banyak yang minta ke sini pengen sayur nangka, saya kasih ke tetangga. Tapi sekarang saya ambilkan, kalau mau. Nanti saya petikan," tambah Marjuki.

Untuk mengamankan buah nangka mirip durian itu, Marjuki mengaku tidak punya trik khusus. Sebab, pohon nangka miliknya juga berada di depan rumahnya. Pun selain itu, usaha cuci mobil dan pertamini di depan rumahnya dijaga oleh para karyawan. Sehingga tidak terlalu takut ada pencuri nangka.

"Semoga saja aman, saya serahkan ke Allah," pungkas Marjuki.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pohon nangka yang buahnya mirip durian di Ponorogo/Foto file: Charolin Pebrianti
Menunggu Matang Buah Nangka Mirip Durian yang Bikin Heboh Menunggu Matang Buah Nangka Mirip Durian yang Bikin Heboh Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar