Breaking News

Bantah Klaim Luhut Binsar Pandjaitan, Pandu Riono: Pandemi di Indonesia Belum Pernah Terkendali


Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono ikut bereaksi atas klaim Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut pandemi Covid-19 di Indonesia kini terkendali.

Lebih jauh, Pandu Riono yang menilai penanganan Covid-19 di Indonesia masih amburadul itu pun menyarankan agar jangan ada dusta dalam menyampaikan informasi soal pandemi.

Sebagai informasi, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyampaikan informasi kontroversial soal penanganan Covid-19.

Pasalnya saat memberikan keterangan pers, Senin, 12 Juli 2021 kemarin, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini bisa dikendalikan.

"Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya yang yang turut disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya, nanti saya tunjukin ke mukanya bahwa kita terkendali, jadi semua kita laksanakan," ujarnya menambahkan.

Walau memastikan situasi Covid-19 terkendali, Luhut Binsar Pandjaitan tak menampik jika saat ini penanganan pandemi masih banyak masalah.

“Bahwa kita punya masalah? berkali kali saya sampaikan iya. Tapi masalah kita perbaiki dengan tertib karena tim bekerja sangat kompak,” klaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.

Sementara itu, bila mengutip data yang disampaikan Kementerian Kesehatan, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik per Senin, 12 Juli 2021 kemarin.

Sesuai data yang di unggah melalui akun Twitter resminya @KemenkesRI, diketahui kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 40.427 jiwa.

Dengan adanya penambahan itu, secara akumulasi saat ini total kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka 2.567.630 jiwa.

Selanjutnya, untuk kasus kematian akibat infeksi Covid-19, Kemenkes pun melaporkan telah terjadi penambahan dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

Terlaporkan pasien yang meninggal karena Covid-19 per Senin, 12 Juli 2021, kemarin tercatat sebanyak 891 jiwa.

Atas bertambahnya laporan baru itu, total keseluruhan kasus kematian pasien karena infeksi Covid-19 di Indonesia sesuai data saat ini sudah berada di angka 67.355 jiwa.

Kementerian Kesehatan juga turut mencatat total kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini sebanyak 380.797 jiwa.

Selanjutnya, kasus pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Indonesia tercatat saat ini sudah 2.119.478 jiwa bertambah 34.754 jiwa pada hari sebelumnya.

Dalam data itu disebutkan pula, saat ini sebanyak 170.101 kasus dalam kategori suspek, dan sudah sebanyak 149.744 spesimen yang dilakukan pemeriksaan diagnosis.

“Jangan ada dusta. Pandemi di Indonesia belum pernah terkendali dan tidak mungkin terkendali dalam waktu dekat, karena ditangani secara amburadul,” cuit Epidemiolog UI, Pandu Riono melalui akun Twitter-nya @drpriono1, Selasa, 13 Juli 2021, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

“Sebenarnya pandemi sudah sangat-sangat terkendali oleh kita atau sebenarnya pandemi dikendalikan oleh virus (Covid-19 varian) Delta sih,” tulis Pandu Riono dalam unggahannya yang lain.

“Kasus naik tajam, RS gak bisa tampung orang-orang yang butuh perawatan, kematian meningkat tajam,” sambung Pandu Riono.

“Hati-hati pak @jokowi jangan mau dibohongi,” cuit Pandu Riono menambahkan.***

Cuitan juru wabah UI, Pandu Riono.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi pengendalian Covid-19 di Indonesia. Foto diambil di Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) di kawasan Kedung Cowek, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 10 Juli 2021. /Antara Foto/Didik Suhartono
Bantah Klaim Luhut Binsar Pandjaitan, Pandu Riono: Pandemi di Indonesia Belum Pernah Terkendali Bantah Klaim Luhut Binsar Pandjaitan, Pandu Riono: Pandemi di Indonesia Belum Pernah Terkendali Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar