Breaking News

Tentara Ini Rekam Pembantaian Massal di Ethiopia


Beberapa tulang belulang manusia berserakan tergeletak di tanah berbatu, bersama dengan tengkorak yang patah dan beberapa kartu identitas yang setengah terbakar.

Hanya itu yang bisa ditemukan penduduk desa, enam bulan setelah pasukan Ethiopia mengumpulkan orang-orang yang mereka cintai dan menembak mereka dari jarak dekat, melemparkan mayat-mayat itu dari lereng bukit berbatu jauh di pegunungan Tigray tengah di Ethiopia.

Investigasi CNN pada April 2021, bekerja sama dengan Amnesty International, memeriksa klip video pembantaian Januari dan menggunakan teknik geolokasi untuk memverifikasi video itu difilmkan di punggung bukit dekat Mahibere Dego pada Januari 2021. Investigasi mengungkapkan pada saat itu setidaknya 11 orang tidak bersenjata laki-laki dieksekusi, dan 39 lainnya belum ditemukan.

CNN dikirimi rekaman mengerikan pada Maret tahun ini oleh organisasi media pro-Tigray, Tigrai Media House (TMH). TMH mengatakan kepada CNN jika video itu direkam di ponsel oleh seorang tentara Ethiopia yang menjadi pelapor yang terlibat dalam pembunuhan massal itu.

Klip video pembantaian tambahan yang lebih panjang kini telah dibagikan kepada CNN oleh TMH, mengungkapkan detail baru tentang kekejaman dan tentara di belakangnya.

CNN menggunakan teknik geolokasi untuk menentukan rekaman diperpanjang juga difilmkan di punggung bukit dekat Mahibere Dego. Sebuah suara di akhir klip baru mengidentifikasi tentara Ethiopia yang merekam video tersebut sebagai "Fafi." Dia juga mengungkapkan brigade dan divisi militernya.

Dalam video diperpanjang yang dilihat CNN, Fafi menukar ponsel dengan tentara lain, mengambil pistol dan menembak. Telepon kemudian ditukar kembali saat orang lain menuntut untuk direkam mengeksekusi para tawanan, dengan berani mendokumentasikan kejahatan mereka.

Rekaman yang diperpanjang ini memiliki semua keunggulan video piala, namun - terlepas dari buktinya - Kantor Perdana Menteri Ethiopia menolak temuan penyelidikan asli CNN dengan mengatakan, "postingan media sosial (medsos) dan klaim tidak dapat dianggap sebagai bukti."

Enam bulan setelah serangan itu, dua orang di Mahibere Dego mengatakan kepada CNN mereka telah mengumpulkan kartu identitas nasional dari 36 orang yang tewas, tetapi 37 orang lainnya masih hilang, menunjukkan jumlah korban pembantaian bisa lebih dari dua kali lipat dari yang dilaporkan semula.

CNN menghubungi pemerintah Ethiopia tetapi tidak menanggapi.

Ethiopia berada di bawah tekanan internasional yang meningkat atas sejumlah kekejaman yang dilaporkan di wilayah Tigray utara yang dilanda perang yang dapat menjadi kejahatan perang.

Ribuan warga sipil diyakini telah tewas sejak awal November, ketika Perdana Menteri Abiy Ahmed melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) yang berkuasa, mengirimkan pasukan nasional dan pejuang milisi dari wilayah Amhara Ethiopia.

CNN sebelumnya telah mengumpulkan kesaksian saksi mata yang luas bahwa tentara Ethiopia dan tentara dari negara tetangga Eritrea melakukan pembantaian, pembunuhan di luar proses hukum, kekerasan seksual dan pelanggaran lainnya di wilayah tersebut.

Sejak Januari lalu, keluarga para korban di Mahibere Dego mengatakan mereka tidak dapat mengakses punggung bukit karena kehadiran pasukan Ethiopia yang terus berlanjut di daerah itu - membuat mereka tidak memiliki cara untuk menguburkan orang yang mereka cintai.

Menurut sembilan orang yang diwawancarai CNN yang mengunjungi lokasi pembantaian, pada Jumat (25/6) lalu, tentara berangkat ke Axum di dekatnya, memberi penduduk setempat kesempatan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk mencari sisa-sisa.

Selama beberapa hari, anggota keluarga korban memfilmkan pemakaman gereja, mendokumentasikan bukti selongsong peluru di lokasi pembantaian dan mengambil foto sisa kerangka yang mereka kirim ke CNN. Kami tidak menyebutkan nama anggota keluarga yang takut akan keselamatan mereka.

Seorang anggota keluarga mengatakan kepada CNN bahkan ketika penduduk desa mengumpulkan sisa-sisa orang yang mereka cintai, daerah itu diserang. Kekerasan di Tigray sekali lagi meningkat dalam beberapa pekan terakhir setelah pasukan Tigray melancarkan serangan baru pekan lalu.

Bahkan setelah tentara Ethiopia mundur, lokasi pembantaian tetap diserang.

"Tentara dari Axum mulai mengebom daerah itu dengan artileri [tembakan] sekitar pukul 9-10 malam. Semua orang berhamburan dan berlari kembali ke rumah," kata anggota keluarga tersebut.

Tetapi penduduk desa menolak untuk menjauh. Mereka menunggu beberapa hari untuk kembali pada malam hari untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.

Dalam gambar yang terlalu gamblang untuk dipublikasikan, jelas sisa-sisa itu terlalu membusuk untuk memungkinkan identifikasi para korban -- untuk beberapa hanya ada gesper sabuk logam. Keluarga mengatakan mereka malah mengandalkan barang-barang pakaian dan kartu identitas untuk mengidentifikasi kerabat mereka.

Penduduk desa mengatakan kepada CNN bahwa kehadiran tentara yang terus berlanjut di daerah itu merupakan upaya untuk menyembunyikan bukti pembunuhan.

Gambar selongsong peluru yang ditemukan oleh penduduk desa saat mereka menjelajahi daerah itu untuk mencari jenazah kerabat mereka, dibagikan kepada CNN. Seorang ahli senjata mengatakan kepada CNN bahwa ini biasanya digunakan dalam senapan mesin ringan dan senapan serbu seperti yang terlihat dalam video pembantaian.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tentara mereka pembantaian massal di Ethiopia (Foto: CNN)
Tentara Ini Rekam Pembantaian Massal di Ethiopia Tentara Ini Rekam Pembantaian Massal di Ethiopia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar