Breaking News

4 Menit Sebelum Gempa M5,3 Gunungkidul, Merapi Semburkan Awan Panas


Gunung Merapi kembali mengekuarkan awan panas atau dikenal dengan wedus gembel. Peristiwa itu terjadi empat menit sebelum gempa magnitudo 5,3 mengguncang Gunungkidul.

Kepala Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan belum ada dampak akibat gempa bumi atas aktivitas Merapi.

"Namun demikian, Merapi memang terus melalukan aktivitas vulkanik berupa awan panas guguran dan lava pijar," ujarnya, Senin (28/6/2021).

Begitu juga pagi ini, pada pukul 05.11 WIB atau empat menit sebelum kejadian gempa di Gunungkidul Merapi mengekusrkan awan panas guguran. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 40 mm dan durasi 70 detik. "Jarak luncur 900 m ke tenggara," kata Hanik.

Sebelumnya, dini hari tadi awan panas juga terjadi pada pukul 04.47 WIB. Awan ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 mm dan durasi 76 detik dengan jarak luncur 1000 meter ke tenggara.

"Masyarakat kami imbau waspada namun tidak panik dengan kondusi Merapi, status Merapi masih siaga atau level III," pungkasnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gunung Merapi (Foto: Istimewa)
4 Menit Sebelum Gempa M5,3 Gunungkidul, Merapi Semburkan Awan Panas 4 Menit Sebelum Gempa M5,3 Gunungkidul, Merapi Semburkan Awan Panas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar