Breaking News

Meski Hanya Terpisah 4 Km Dua Pulau Ini Berbeda Waktu 21 Jam


Dua pulau di Laut Bering, adalah salah satu tempat unik di mana Anda bisa melakukan perjalanan lintas waktu, hanya dalam beberapa menit saja. Pasalnya, meski hanya berjarak tak sampai 4 kilometer, kedua pulau itu memiliki perbedaan waktu hingga 21 jam.

Garis tanggal internasional adalah garis imajiner yang membentang di tengah Samudera Pasifik, menandai perbedaan antara tanggal kalender. Melintasi garis itu dari timur ke barat, Anda perlu menyetel jam Anda maju satu hari, sementara menyeberang dari barat ke timur, Anda akan menyetelnya mundur satu hari.

Sementara itu garis waktu internasional membentang dari kutub Utara ke Selatan, tetapi tidak lurus; melainkan zig-zag, dengan mempertimbangkan berbagai batasan politik. Kebetulan garis itu melewati tepat di antara Kepulauan Diomedes, memungkinkan untuk terjadinya "perjalanan melintasi waktu" hanya dengan menempuh jarak 3,8 kilometer.

Diwartakan Oddity Central, meski jaraknya sangat dekat, kedua pulau ini berada di dua negara berbeda, dan memiliki perbedaan waktu 21 jam. Saat tengah hari pada hari Kamis di Little Diomede, waktu di Big Diomede menunjukkan pukul 9 di hari Jumat.


Karena jarak mereka hanya beberapa mil, Anda sebenarnya dapat melihat salah satu Diomedes dari yang lain, yang secara teknis berarti Anda dapat melihat ke masa depan, atau masa lalu, juga. Biasanya, Anda harus berlayar atau berenang di antara dua Diomedes, tetapi selama musim dingin, sebuah jembatan es diduga terbentuk di antara keduanya, memungkinkan Anda berjalan dari satu ke yang lain.

Sayangnya, hal itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena kedua pulau Diomede dipisahkan oleh garis tanggal internasional yang juga bertindak sebagai perbatasan antara Rusia dan Amerika Serikat (AS).

Diomede Besar, atau "Pulau Besok", milik Rusia, sedangkan Diomede Kecil, atau "Pulau Kemarin", adalah wilayah AS.

Perjalanan antara kedua pulau dilarang, dan kapal penangkap ikan asing yang terlalu dekat ke kedua sisi terkadang mendapat tembakan peringatan dari tentara yang berpatroli.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kedua Pulau Diomede hanya terpisah 3,8 kilometer satu sama laiinya. (Foto: Oddity Central)
Meski Hanya Terpisah 4 Km Dua Pulau Ini Berbeda Waktu 21 Jam Meski Hanya Terpisah 4 Km Dua Pulau Ini Berbeda Waktu 21 Jam Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar