Breaking News

Luhut Akan Kurangi Tenaga Kerja Asing dari Cina di Indonesia


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan berupaya mengurangi tenaga kerja asing atau TKA asal Cina di Indonesia. Saat ini, TKA asal Negeri Tirai Bambu bekerja di sejumlah proyek di Tanah Air, seperti di kawasan industri Morowali.

“Kalau teman-teman tanya kenapa yang kita pakai itu tenaga Tiongkok, saya bukan orang bodoh memberikan itu (tenaga kerja) banyak kepada mereka. Saya pasti atur bagaimana supaya mereka dikurangi sebanyak mungkin,” ujar Luhut melalui video konferensi dalam acara halal bihalal Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat malam, 28 Mei 2021.

Luhut mengklaim jumlah tenaga kerja Cina di kawasan industri Morowali saat ini jauh lebih sedikit ketimbang tenaga kerja Indonesia. Dari total 50 ribu pekerja, 3.500 di antaranya berkewarganegaraan Cina. Sedangkan sisanya adalah pekerja lokal.

Menurut Luhut, tenaga kerja Cina masih dibutuhkan lantaran negara tersebut menanamkan modal di berbagai kawasan industri di Indonesia. Dengan begitu, tenaga kerja asing akan bertugas melakukan transfer teknologi dan mengawasi jalannya investasi.

“Kalau Anda sebagai pedagang, Anda taruh duit di sana, Anda harus pastikan investasi itu jalan. Tidak mau saya taruh uang diserahkan ke orang lain saja. Alangkah buruknya kalau melakukan itu,” ujar Luhut.

Di sisi lain, Luhut mengakui berbagai pihak yang mempertanyakan alasan pemerintah banyak menggandeng Cina sebagai partner bisnis dan investasi. Luhut beralasan, Cina lebih maju dalam hal teknologi. Negara itu pun tak keberatan membagikan kemampuan teknologinya kepada Indonesia.

Luhut memastikan kerja sama Indonesia dan Cina menguntungkan dua negara.  “Sampai hari ini apa yang kita kerjakan sama-sama untung. Teknologi transfer jalan, perhitungan-perhitungan (bisnis) jalan, kementerian juga menciptakan lapangan kerja yang sangat besar,” ucapnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Luhut Akan Kurangi Tenaga Kerja Asing dari Cina di Indonesia Luhut Akan Kurangi Tenaga Kerja Asing dari Cina di Indonesia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. Benar Pak Luhut jika kita menaruh investasi kita mengawasinya itu bisnis umum, tapi jika Negara bukan begitu sekalipun pengawasan dari mereka tapi bukan pekerja, pengawasan ya sejenis Kantor berkantor di Jakarta, bukan kali ini kita dapat investor atau TKA dari Australia kan juga ada tapi bukan pekerja kasar, coba jika 3500 orang di Morowali.itu sangat membahayakan.artinya proyek proyek strategis tak usah ikut tenaga kerja asing kecuali tenaga ahli.mohon perhatiannya pak Luhut.

    BalasHapus