Breaking News

Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Masjid Syaikh Ajlin Palestina Yang Pernah Hancur


Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin, Palestina akhirnya diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan secara daring di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4).

Ridwan Kamil mengatakan, desain masjid yang ia rancang khusus mengusung konsep keseimbangan hubungan antara seorang muslim dengan ilahi, manusia dan alam. Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik.

"Makanya ada struktur yang tinggi di tengah habluminallah, kanan hablumminannas dan hablumminal alam. Bahwa kita harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia, dan mencintai alam," kata Ridwan Kamil yang dikutip dari RMOLJabar.

Tak hanya tempat shalat, kata Emil, masjid tersebut juga akan menjadi tempat belajar atau madrasah yang dibangun tiga lantai. Ia pun berharap, masjid ini bisa merestorasi fungsi masjid seperti sedia kala.

"Itulah kenapa sebelum dihancurkan pada 2014 sudah ribuan penghafal Quran lulus dari masjid Syekh 'Ajlin yang lama," ungkapnya.

Rencananya, pembangunan masjid ini akan menelan anggaran Rp 20 miliar. Untuk sementara dana yang masuk sebesar Rp 2,08 miliar dari Pemprov Jabar dan Rp 1,97 miliar dari Wakaf Salman.

"Karena itu saya titip mari atas nama kemanusiaan dan ukhwah Islamiah kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemuliaan seluruh pembangunan ini. Saya sebagai gubernur tentu akan mengajak perusahaan orang yang punya kelebihan harta untuk turun," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Aman Palestina Indonesia, Miftahuddin Kemal mengatakan, masjid ini pernah didirikan pada tahun 1957 di perkampungan Syekh 'Ajlin yang berada di tepi pantai dan pernah direnovasi beberapa kali.

Namun, pada serangan Israel tahun 2014 masjid tersebut hancur lebur hingga berpuing-puing. Nama masjid tersebut pun dinisbatkan kepada tokoh mujahiddin, ahli syariah, alim ulama dan ahli tassawuf.

"Bayangkan ketika saat masjid tersebut hancur lebur oleh Israel, orang-orang salat di tenda darurat, mereka juga salat di bawah pasir pantai di bawah terik matahari dan di bawah guyuran hujan," jelasnya.

"Jadi pengakuan dari warga kampung Syekh 'Ajlin, masjid ini dipenuhi jamaah yang sampai jumlahnya ribuan saat musim panas. Masjid ini kebanggan bangsa Indonesia," tandasnya. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi Masjid Syaikh Ajlin Palestina/Ist
Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Masjid Syaikh Ajlin Palestina Yang Pernah Hancur Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Masjid Syaikh Ajlin Palestina Yang Pernah Hancur Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar