Breaking News

Pantas Makin Berani, Jozeph Paul Zhang Rupanya Terancam Batal Dideportasi, Kenapa?


Salah satu upaya untuk memulangkan tersangka penistaan agama Jozeph Paul Zhang adalah dengan mendeportasinya.

Adapun hal tersebut bisa dilakukan lewat mekanisme pencabutan paspor. Namun, kini opsi itu menjadi abu-abu.

Seperti diketahui, Jozeph Paul Zhang hingga kini masih dalam perburuan polisi yang sedianya akan bekerja sama dengan Interpol.

Salah satu upaya yang hendak dilakukan adalah dengan mencabut paspor Jozeph, menjadikannya tanpa kewarganegaraan, dan harapannya berujung deportasi.

Akan tetapi, mendadak keinginan menjadikan Jozeph stateless tersebut diralat oleh Kepala Bareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto.

Ia kini mengaku bahwa pihaknya masih mempertimbangkan pencabutan paspor pria bernama asli Paul Shindy Soerjomoeljono itu.

"Sudah, tadi koordinasi dengan Imigrasi," ujar Agus di Mabes Polri pada Rabu, 21 April 2021, dikutip terkini.id dari WowKeren.

"Kita pertimbangkan."

Lantas, apa penyebab Agus mendadak ragu menjadikan Jozeph tak berkewarganegaraan dengan pencabutan paspor?

Nah, rupanya jenderal polisi bintang tiga itu cemas jikalau nantinya kondisi stateless Jozeph justru bisa menyebabkan ia lebih bebas leluasa kabur ke negara lain.

"Kalau dia (Jozeph) menjadi stateless, kan, bisa ke mana-mana. Biar saja dulu," papar Agus, seperti dikutip dari detikcom.

Jadi, apa kesimpipannya? Apakah itu artinya Jozeph Paul Zhang benar-benar batal dideportasi?

Hingga saat ini, masih belum ada keterangan pasti soal nasib selanjutnya sang penista agama itu.

Sebab, pencabutan paspor dan menjadikan Jozeph stateless adalah salah satu upaya untuk mendeportasi agar yang bersangkutan bisa dipulangkan paksa ke Indonesia (tetapi saat ini rupanya masih belum bisa dilakukan). 

"Untuk JPZ alias SPS sementara ini kan masih pemegang paspor Indonesia, nanti akan dideportasi juga kalau paspornya dicabut," terang Agus lagi. 

"Kita sedang upayakan koordinasikan dengan Imigrasi untuk cabut paspor yang bersangkutan."

Selain deportasi lewat pencabutan paspor, Agus sendiri sebelumnya sudah mengungkap beberapa cara untuk memulangkan Jozeph.

Misalnya, dengan penerbitan red notice oleh Interpol sampai mekanisme G to G atau P to P.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Jozeph Paul Zhang tertawa /tangkapan layar YouTube.
Pantas Makin Berani, Jozeph Paul Zhang Rupanya Terancam Batal Dideportasi, Kenapa? Pantas Makin Berani, Jozeph Paul Zhang Rupanya Terancam Batal Dideportasi, Kenapa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar