Breaking News

Geram Diinterupsi Saat Bertanya ke Saksi, Habib Rizieq ke Jaksa: Anda Ketakutan


Habib Rizieq Shihab geram saat pertanyaannya ke saksi diinterupsi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ia pun menuduh bahwa Jaksa ketakutan karena telah mempidanakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hal itu karena lontarkan menilai bahwa tidak ada kasus protokol kesehatan lain yang dipidanakan kecuali Maulid Nabi yang ia gelar di Petamburan, Jakarta Pusat.

Pernyataan Habib Rizieq Shihab itu ia lontarkan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jaktim, Kamis, 22 April 2021.

Dilansir dari Detik New, awalnya Habib Rizieq bertanya kepada saksi, Arifin soal ada-tidaknya pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 yang dibawa sampai ranah persidangan.

"Selain Petamburan, ada nggak setahu Anda prokes-prokes yang dibawa ke pengadilan?" tanya Habib Rizieq yang dijawab  "tidak ada" oleh Arifin.

Jaksa lalu mengajukan keberatan atas pertanyaan Habib Rizieq sebab menilai ia menggiring pernyataan saksi.

"Izin majelis, kami keberatan karena terdakwa telah mengarahkan, mengiring dari saksi," ucap jaksa.

Habib Rizieq pun tidak terima disebut menggiring saksi dan menyebut bahwa ia hanya menanyakan fakta.

Ia lantas menuding jaksa sudah mempidanakan acara Maulid Nabi di Petamburan.

"Ini sudah pengarahan dan penggiringan dan ini dilarang di KUHAP, mohon majelis membatasi," tegas jaksa.

"Anda mempidanakan Maulid Nabi, itu Anda khawatir. Anda khawatir, Anda ketakutan. Jangan Maulid Nabi Anda pidanakan, tidak ada prokes lain dipidanakan. Jadi Anda yang sudah mempidanakan Maulid Nabi," balas Habib Rizieq dengan nada tinggi.

Hakim ketua, Suparman Nyompa lalu mencoba menghentikan perdebatan tersebut. Hakim menilai bahwa pertanyaan Habib Rizieq masih wajar dan meminta Jaksa untuk tidak memotong.

"Menggiring kan dilarang, bertanya seperti tadi masih normal," ucap hakim.

Perdebatan kembali terjadi saat Habib Rizieq menyindir bahwa Jaksa takut rahasianya terbongkar karena telah mempidanakan acara Maulid Nabi.

"Saya mohon maaf majelis hakim kalau barusan ada sedikit emosi. Sebetulnya saya nggak boleh emosi begitu. Tapi mungkin jaksa khawatir rahasianya kebongkar," ucapnya.

"Kita nggak takut!" balas Jaksa.

"Anda takut. Anda takut Anda kebongkar. Saya tidak cabut itu kata-kata ini," balas Habib Rizieq sengit sambil berdiri.

Hakim pun kembali menengahi dan mengingatkan bahwa adab di peradilan juga menjadi pertimbangan Majelis Hakim.

"Saya ingin cara yang beradab ini peradilan. Ini jadi pertimbangan majelis hakim ya," ujar hakim.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Habib Rizieq Shihab/Net
Geram Diinterupsi Saat Bertanya ke Saksi, Habib Rizieq ke Jaksa: Anda Ketakutan Geram Diinterupsi Saat Bertanya ke Saksi, Habib Rizieq ke Jaksa: Anda Ketakutan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar