Breaking News

Deretan Tunggangan Rp 3,8 M Milik PNS Makassar yang Bikin Walkot Heran


Wali Kota Makassar Moh Ramadhan 'Danny' Pomanto heran terhadap salah satu anak buahnya yang memiliki tunggangan mewah. 
 
Pegawai negeri sipil (PNS) di Makassar itu juga diketahui memiliki puluhan bidang tanah serta rumah dengan nilai yang fantastis.

"Kalau ada pegawai biasa (kaya) saya kira perlu diselidiki apakah dia ahli warisnya atau seperti apa. Kalau tidak ada, saya kira masyarakat yang menilailah, tapi indikasi-indikasi itu memberikan kita warning tentang perilaku-perilaku yang perlu diberantas di Pemerintah Kota Makassar," kata Danny Pomanto di SMP 5 Makassar, seperti dikutip, Sabtu (24/4/2021).

PNS yang dimaksud Danny itu bernama Irwan Rusfiady Adnan, yang bertugas sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar. Memangnya apa saja harta kekayaan milik Irwan itu?

Dicek dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari situs KPK, Irwan melaporkannya pada 26 Maret 2020 sebagai LHKPN periodik 2019. Dia memiliki belasan tanah dan bangunan serta sederet bidang tanah di Makassar dan Jakarta yang nilainya lebih dari Rp 39 miliar.

Selain itu, Irwan melaporkan koleksi mobil dan motornya. Ada 3 motor dan 5 mobil yang nilainya lebih dari Rp 3,8 miliar.

Apa saja koleksi tunggangannya?

Motor

- Harley-Davidson XR 1200 tahun 2012 senilai Rp 150 juta
- Harley-Davidson tahun 2013 senilai Rp 350 juta
- Royal Enfield tahun 2016 senilai Rp 70 juta

Mobil

- Ford Mustang tahun 2013 senilai Rp 1 miliar
- Toyota FJ Cruiser tahun 2014 senilai Rp 1 miliar
- Toyota Vellfire tahun 2015 senilai Rp 700 juta
- Jeep tahun 2010 senilai Rp 200 juta
- Toyota Innova tahun 2017 senilai Rp 350 juta

Selain itu dia melaporkan kepemilikan kas dan setara kas senilai lebih dari 10 miliar dan harta bergerak lain senilai Rp 2,6 miliar lebih. Total LHKPN milik Irwan adalah Rp 56.449.323.791.

Kekayaan Irwan itu disorot Danny Pomanto. Dia kaget seorang PNS memiliki tunggangan mewah seperti itu.

"Saya sebagai Wali Kota (Makassar) lima tahun rasakan bagaimana fasilitas Wali Kota yang begitu paling tinggi tidak akan mampu membuat orang kaya, apalagi mampu membeli seperti Harley-Davidson," ucap Danny.

"Teman-teman bisa lihatlah walaupun saya sendiri sebelumnya punya cukup biaya untuk menghidupi diri sendiri, tapi saya sendiri tak cukup membeli Harley," tambahnya.

detikcom sudah mencoba menanyakan perihal ini ke Irwan melalui sambungan telepon atau pesan singkat. Namun Irwan belum memberikan respons.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi Kota Makassar (Ibnu Munsir/detikcom)
Deretan Tunggangan Rp 3,8 M Milik PNS Makassar yang Bikin Walkot Heran Deretan Tunggangan Rp 3,8 M Milik PNS Makassar yang Bikin Walkot Heran Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar