Breaking News

Pendiri Demokrat Siapkan KLB di Maret, Klaim Lokasi-Peserta Sudah Siap


Para pendiri Partai Demokrat (PD) tengah mempersiapkan kongres luar biasa (KLB) untuk melengserkan kepemimpinan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Salah satu pendiri PD, Hencky Luntungan, menyebut semua persiapan terkait KLB telah selesai.

"Sudah semuanya. Semuanya sudah. Tempat sudah, peserta sudah. Tapi itu belum bisa kita ekspose ya karena nanti kan akan banyak kendala," kata Hencky kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Menurut Hencky, KLB akan digelar di pertengahan bulan Maret ini. Namun ia belum mau memberikan rincian tanggal untuk pelaksanaan KLB.

"Di bulan Maret ini. Bisa di pertengahan, mungkin, atau minggu kedua lah," ujarnya.

Lebih lanjut, Hencky mengatakan KLB PD akan diketuai oleh Jhoni Allen Marbun. Selain itu, ia menyebut nama Darmizal akan menjadi Ketua Bidang Operasional KLB PD.

"Sudah (ada panitia). Ketuanya itu kan Pak Jhoni Allen. Kemudin Pak Darmizal (sebagai) operasional, ketua bidang operasional persiapan kongres," ujarnya.

"Jadi sebetulnya ketua KLB itu kita-kita semua lah. Cuma pelaksanaan di lapangan itu kan harus ada punya pertanggungjawaban gitu," sambungnya.

Selain itu, Hencky optimistis KLB PD akan tetap berjalan tanpa harus mendapat persetujuan Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambamg Yudhoyono (SBY). Sebab, menurutnya, pemegang suara terbesar adalah DPC dan DPD PD.

"Ini kan bukan dinasti. Ini kan partai terbuka. Jadi dia setuju atau tidak setuju ketika konstituen DPC DPD yang punya suara ingin mengadakan KLB, ya jalan. Nggak perlu ada persetujuan dia (SBY). Dia kan cuma 1 suara," tegasnya.

"Iya lah. Dia kan cuma 1 suara. Sementara pemilik suara terbesar kan di DPC dan DPD," imbuhnya.

Sebelumnya, Hencky Luntungan mendukung penuh KLB terkait pengambilalihan kepemimpinan AHY. Hencky menyebut hal itu dilakukan pendiri PD untuk penyelamatan karena AHY tidak mampu memimpin partai.

Para pendiri PD menegaskan kongres luar biasa akan berjalan dalam waktu dekat. Hencky menyebut KLB bertujuan melengserkan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Pertama, sebagai pendiri, kami melihat kekisruhan yang terjadi oleh karena tidak mempunyai seorang pemimpin partai. Garis bawahi, ketidakmampuan pemimpin partai dalam hal ini Saudara AHY. Garis bawahi, nggak usah takut-takut," kata Hencky Luntungan dalam konferensi pers di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2).

"Oleh karena ketidakmampuan itu, kami pendiri bersepakat untuk mencari solusi. Apa solusi itu? Tidak ada. Yang ada KLB dan kongres luar biasa yang harus dilakukan dalam rangka penyelamatan partai dan sikap kita untuk mengurai persoalan ini melakukan KLB tanpa ada rasa dendam, tanpa ada rasa kebencian, tanpa ada rasa menyudutkan," sambungnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi Partai Demokrat (Lutfhy Syahban/detikcom)
Pendiri Demokrat Siapkan KLB di Maret, Klaim Lokasi-Peserta Sudah Siap Pendiri Demokrat Siapkan KLB di Maret, Klaim Lokasi-Peserta Sudah Siap Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar