Breaking News

Marzuki Alie Beberkan 6 Kritik Tajam ke AHY dan SBY


Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD), 2005-2010, Marzuki Alie melontarkan setidaknya enam kritik tajam terhadap Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pertama dia menyampaikan soal keluhan sejumlah kader di daerah yang mengaku dimintai sejumlah dana untuk bisa ikut Pilkada. "Keluhan ini tidak bisa saya klarifikasi. Tapi memang harusnya kekurangan kader yang akan bertarung di daerah ditambahkan oleh DPP. Jangan orang mau bertempur pelurunya (malah) diambilin," kata Marzuki Alie kepada tim Blak-blakan detikcom, Rabu (2/2/2021).

Ia mencontohkan, saat dirinya menjadi Sekjen, para elit di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) selalu membantu kader-kader di daerah yang sedang bertarung di Pilkada. Bahkan, bila ada pengurus daerah datang ke Jakarta pun biasanya akan dibantu untuk penginapan dan diganti biaya transportasinya.

Selain itu, dia juga mengkritik pola rekrutmen para calon kepala daerah yang hanya mengandalkan hasil survei dan rekomendasi elit tertentu. Akibatnya kader kecewa dan marah karena mereka tak ikut diperhitungkan.

"Di zaman saya ada mekanisme penyaringan untuk para calon kepala daerah, selain survei. Tidak ujug-ujug direkomendasikan seseorang di pusat, sehingga kader asli kemudian kecewa dan marah," papar Marzuki.

Hal lain yang hilang dari PD adalah soal pelatihan kader dan kepemimpinan yang tak lagi dijalankan. Akibatnya di partai itu seolah tak ada tokoh yang bisa memimpin. Di masanya, Marzuki mengaku membuat Pelatihan Kader dan Kepemimpinan Partai.

"Cara ini efektif mengantarkan PD menjadi pemenang pemilu 2009," klaimnya.
Terkait hal itu, dia mengungkit kapasitas AHY dalam memimpin PD. Seharusnya, kata Marzuki Alie, pemimpin partai dipilih karena wawasan, pengalaman, dan kearifannya. Bukan semata karena popularitasnya di survei.

"Kan aneh kok ada kader yang bilang karena AHY surveinya paling tinggi maka dipercayakan jadi ketua umum. Lo, ini mau ngurus partai atau jadi capres?" sindirnya.

Kelemahan lain yang dikritik Marzuki Alie adalah kearifan AHY. Sebagai orang muda yang baru memimpin PD dia tak pernah berkomunikasi dengan para pendahulu dan senior-senior lain. Padahal menyapa para senior itu adalah salah satu indikasi sikap kenegarawanan.

Pada bagian lain, Ketua DPR RI periode 2009-20014, ini juga mengkritik perjalanan PD yang seolah menjadi partai keluarga atau dinasti. Padahal di awal pendiriannya, PD diharapkan menjadi partai moderen yang dimiliki publik. Menjadi partai yang tidak berdasarkan kemauan seseorang tapi sistem.

"Waktu KLB di Bali, SBY pernah pidato akan memimpin Demokrat untuk sementara. Jangan SBY lagi, jangan keluarga SBY lagi," ungkap Marzuki Alie.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Maruzki Ali di detik.com, Jumat (5/2/2021).

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Marzuki Alie (Rachman Haryanto)
Marzuki Alie Beberkan 6 Kritik Tajam ke AHY dan SBY Marzuki Alie Beberkan 6 Kritik Tajam ke AHY dan SBY Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar