Breaking News

Saleh Daulay: Masyarakat Awam Masih Was-was Dengan Vaksin Covid-19


Pemerintah dan lembaga terkait diharapkan makin menggiatkan sosialisasi vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Sebab pengetahuan masyarakat mengenai vaksin penting agar tidak terjadi perdebatan di kemudian hari.

"Vaksinasi ini kan akan diutamakan bagi mereka yang tenaga medis, TNI, Polri, dan seterusnya. Tetapi, kalau masyarakat awam, saya kira ini masih perlu sosialisasi awal yang lebih masif lagi," kata anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/1).

"Jadi masyarakat perlu dipertegas lagi sehingga pada saat mereka menjadi target sasaran (vaksinasi), mereka sudah siap," sambungnya.

Menurut Ketua Fraksi PAN ini, masih ada kekhawatiran masyarakat awam terhadap vaksinasi Covid-19. Karenanya, perlu dipertegas dan dimasifkan sosialisasi vaksin Covid-19, terutama soal efektivitas dan efisiensi vaksin, yakni mutu, kualitas, dan keamanannya untuk masyarakat.

"Memang sekarang ini ada gejala di masyarakat masih was-was, khawatir terkait pelaksanaan vaksinasi. Saya kira itu yang perlu diperjelas kepada masyarakat," pungkasnya.

Vaksinasi Covid-19 sendiri dibagi ke dalam 4 tahapan dengan pertimbangan ketersediaan, waktu kedatangan, dan profil keamanan vaksin.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian di tahap kedua, sasaran vaksinasi Covid-19 adalah petugas pelayanan publik yakni Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal.

Kemudian, para pekerja di bidang perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, pada tahap 2, penerima vaksin Covid-19 juga termasuk kelompok usia lanjut atau berusia 60 tahun atau lebih.

Di tahap tiga, sasaran vaksinasi Covid-19 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay/RMOL
Saleh Daulay: Masyarakat Awam Masih Was-was Dengan Vaksin Covid-19 Saleh Daulay: Masyarakat Awam Masih Was-was Dengan Vaksin Covid-19 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar