Breaking News

Benahi Pariwisata, Sandiaga Bentuk Satgas Toilet Nasional


Sejumlah pembenahan akan dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno di sektor wisata. Salah satu yang akan dilakukan adalah membentuk Satuan Tugas Toilet Nasional.

Sandiaga menjelaskan, satgas tersebut akan memperbaiki kualitas tolilet di sejumlah tempat wisata yang dianggap jauh dari kata layak. Satgas Toilet Nasional juga jawaban atas imbauan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

Ia mengaku telah melihat langsung kondisi toilet di beberapa destinasi wisata unggulan, salah satunya di Adian Nalambok di sekitar Danau Toba.

"Saya terkejut, destinasinya super prioritas tapi toiletnya sangat tidak berkualitas," kata Sandi kepada wartawan, Senin (11/1).

Nantinya, program Satgas Toilet Nasional akan dikerjakan dalam setahun ke depan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Saya langsung bergerak dan dengan dukungan beberapa rekan-rekan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kita sepakat dari pemilik sampai pemda dan instansi terkait, dalam 3 bulan ke depan dapat membenahi Adian Nalombok tersebut," ujarnya.

Selain itu, Satgas tersebut juga diminta memperhatikan budaya dan kearifan lokal masyarakat. Seperti halnya mengenai cara penggunaan toilet di setiap daerah.

"Ada budaya kearifan lokal yang harus kita pastikan di setiap perbaikan toilet. Hal-hal kecil seperti toilet jongkok, bagaimana lantai tidak boleh basah, harus kering dan lain sebagainya," tandasnya. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Sandiaga Salahuddin Uno dan Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Benahi Pariwisata, Sandiaga Bentuk Satgas Toilet Nasional Benahi Pariwisata, Sandiaga Bentuk Satgas Toilet Nasional Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar