Breaking News

Sujiwo Tejo: Kalau Bukan Pengaruh Luar, Episode Terakhir ILC Pasti soal FPI


Budayawan Sujiwo Tejo menduga program Indonesia Lawyers Club (ILC) mendapat pengaruh dari luar. Jika tidak, ia yakin episode terakhir ILC di 2020 akan membahas mengenai kematian enam anggota FPI.

Hal tersebut disampaikan oleh Sujiwo saat menjadi bintang tamu di episode terakhir ILC bertajuk Renungan Akhir Tahun: Dampak Tekanan Ekonomi, Ibu Bunuh Anak, Suami Bakar Istri pada Selasa (15/12/2020) malam.

Awalnya, Sujiwo menyanyikan lagu spesial untuk Karni sebagai bentuk hadiah perpisahan terhadap ILC yang akan berhenti tayang.

Ia mengaku rela tak dibayar di acara tersebut sebagai bentuk bonus untuk ILC.

“Karena ini terakhir, saya akan nyanyi. Enggak usah honor, honornya dari bicara saja. Jadi ini bonus untuk pak Karni,” kata Sujiwo seperti dikutip Suara.com, Rabu (16/12/2020)

Meskipun program ILC telah berhenti tayang, ia berharap para penonton tetap mengenang acara tersebut dan tetap optimis.

“Mudah-mudahan para penonton ILC mengenang setiap Selasa malam, mengenang kehadiran saya dan pak Karni. Ada atau tidak ada ILC, kita harus tetap optimistis,” ungkapnya.

Setelah itu, Sujiwo menyanyikan tembang Jawa berjudul Pada Suatu Ketika. Lagu tersebut memberikan pesan moral yang menggambarkan kondisi Tanah Aair.

Salah satunya mengenai masalah yang dialami oleh semua orang. Namun disebutkan masalah orang miskin berbeda dengan orang kaya.

“Problemnya orang miskin masih enak problemnya orang kaya,” ujarnya.

Mengakhiri lagunya, Sujiwo melemparkan pertanyaan kepada pembawa acara ILC, Karni Ilyas.

Menurutnya, acara sekelas ILC seharusnya membawakan tema terkini yang menjadi perbincangan publik, yakni kasus terkait pentolan FPI Rizieq Shihab.

Mulai dari kasus kerumunan hingga penahanan Rizieq sampai kasus kematian enam anggota FPI.

“Dimatikan ILC karena pengaruh luar. Kalau enggak karena pengaruh luar, pasti topiknya soal FPI kan?” kata Sujiwo sambil tertawa.

Pernyataan Sujio tersebut disambut gelak tawa oleh para bintang tamu dan audiens dalam acara tersebut.

Menanggapi sindiran Sujiwo Tejo, Karni Ilyas hanya tersenyum dan menyampaikan ucapan terima kasih.

“Terima kasih Presiden Jancukers, terima kasih laginya tapi kulo mboten ngertos (saya tidak tahu)” kata Karni.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Sujiwo Tejo (tvone)
Sujiwo Tejo: Kalau Bukan Pengaruh Luar, Episode Terakhir ILC Pasti soal FPI Sujiwo Tejo: Kalau Bukan Pengaruh Luar, Episode Terakhir ILC Pasti soal FPI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar